Kompas.com - 26/08/2014, 10:06 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Amazon akhirnya berhasil meminang perusahaan penyedia layanan streaming game online, Twicth Interactive Inc., menyingkirkan dua kandidat lainnya yang juga berminat, yaitu Google dan YouTube.

Untuk mendapatkan Twitch, raksasa e-commerce itu harus merogoh kocek perusahaan 970 juta dollar AS (sekitar Rp 11,36 triliun) dalam bentuk tunai.

Sebelumnya, YouTube sempat diberitakan telah mencapai kesepakatan senilai 1 miliar dollar AS dengan Twitch untuk memasukkan platform dan komunitas besarnya di bawah payung Google.

Namun pada Senin (25/8/2014), The Wall Street Journal mengonfirmasi Twitch justru diakuisisi oleh Amazon, bukan Google.

Twitch akan menjadi perusahaan terpisah yang beroperasi secara independen. Kantornya akan tetap berada di San Francisco, AS dan 170 karyawannya akan bekerja untuk Amazon.

Bagi Amazon, Twitch bisa mendorong perusahaan untuk terjun di video web, sehingga bisa bersaing dengan Netflix dan YouTube.

Twitch memiliki teknologi untuk melakukan streaming video secara live dan bisa ditonton oleh sejumlah penonton secara simultan, misalnya dalam acara turnamen game atau konser musik.

"Sama dengan yang dilakukan YouTube dan Netflix yang membangun arsitektur yang kuat untuk mengalirkan banyak video, Twitch juga membangun infrastruktur yang sama untuk acara live gaming," ujar David Cowan, salah satu perwakilan investor Twitch.

Selain itu, Twitch juga bisa mendorong bisnis iklan online bagi Amazon. Setelah akuisisi tersebut, diperkirakan biaya pasang iklan di Twicth akan melonjak hingga 85 persen.

Amazon memang berambisi terjun ke industri gaming dengan menambah sejumlah staf dan programer di studionya di Seattle dan California Selatan.

Perusahaan itu juga telah memperkenalkan beberapa video game untuk melengkapi produk set-top-box-nya, Fire TV yang telah dirilis April lalu, serta menjual kontroler khusus untuk bermain game.

Pembelian Twicth menjadi akuisisi terbesar kedua setelah sebelumnya Amazon membeli perusahaan penjual sepatu online, Zappos dengan nilai 928 juta dollar AS pada 2009 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.