Android atau Windows Phone, Huawei Sudah Yakin

Kompas.com - 26/08/2014, 12:49 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Petinggi Huawei secara terang-terangan mengatakan bahwa vendor Tiongkok itu akan terjun sepenuhnya di pasar Android, serta menunda produksi smartphone Windows Phone.

Dikutip dari Android Authority, Selasa (26/8/2014), Direktur Huawei dan CEO Consumer BG, Richard Yu mengatakan bahwa di masa depan semua perangkat smartphone yang diluncurkan Huawei akan menggunakan OS Android.

Walau pasar Windows Phone nampak memiliki potensi, namun Huawei telah merugi selama dua tahun dalam memasarkan platform tersebut. Karena itu, Huawei mengambil langkah untuk menunda produksi smartphone Windows Phone baru.

"Kami telah mencoba menggunakan OS Windows Phone, namun ternyata sulit untuk mengajak konsumen membeli smartphone Windows ini," ujar Yu.

Selain Windows Phone, Huawei juga tergabung dalam konsorsium Tizen yang digadang-gadang oleh Samsung untuk menyaingi Android.

Namun, Huawei nampaknya pesimis akan kemampuan Samsung untuk membawa OS mobile tersebut mencapai kesuksesan.

"Dulu kami memiliki tim riset untuk mengembangkan Tizen, namun saya membubarkannya karena rasanya Tizen tidak akan sukses," kata Yu.

Bagi Huawei, rasanya memang lebih masuk akal untuk bertaruh pada Android, meskipun ternyata Windows Phone dan Tizen akan sukses di masa mendatang, karena keduanya belum bisa mendatangkan uang.

Berbeda dengan HTC yang telah meluncurkan HTC One M8 versi Windows Phone. Vendor Taiwan itu memiliki risiko lebih kecil untuk bertaruh di platform Windows Phone.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.