Masuk Indonesia, Android Xiaomi Andalkan “COD”

Kompas.com - 28/08/2014, 13:13 WIB
Redmi 1S Xiaomi/mi.comRedmi 1S
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Xiaomi Redmi 1S

KOMPAS.com - Harga produk-produk Xiaomi bisa ditekan lebih murah dari pesaing antara lain karena pabrikan Tiongkok ini bergantung pada penjualan secara langsung ke pembeli lewat jalur e-commerce.

Di Indonesia pun, Vice President Global Xiaomi Hugo Barra mengatakan pihaknya tak berminat menjual secara offline lewat toko fisik, tapi melalui toko online Lazada yang ditunjuk sebagai mitra pemasaran.

Untuk menyiasati angka penetrasi kartu kredit yang masih rendah, Barra menjelaskan bahwa Xiaomi mengandalkan metode lain. “Yaitu cash-on-delivery (COD) bersama mitra kami, Lazada,” kata Barra ketika ditemui usai acara peluncuran Xiaomi Redmi 1S di Jakarta, Rabu (27/8/2014) kemarin.

oik yusuf/ kompas.com Vice President Global Xiaomi Hugo Barra saat menjelaskan fitur-fitur Redmi 1S di dalam acara peluncuran di Jakarta, Rabu (27/8/2014)

Menurut Barra, pihaknya menerapkan strategi serupa di negara-negara berkembang lain, seperti India, di mana hampir seluruh pembelian online disebutnya dilakukan secara COD.

“Begitupun di Filipina, mayoritas COD. Di Malaysia kami mencatat presentasi pembelian dengan kartu kredit lebih tinggi. Sebaliknya, di Singapura dan Hong Kong, kartu kredit mendominasi,” jelas Barra.

Lain di Asia, lain di Brazil. Saat menyinggung negara kampung halamannya ini, Barra mengatakan bahwa transaksi kebanyakan dilakukan bukan melalui kartu kredit ataupun COD.

“Soalnya, di sana penetrasi kartu kredit rendah, sedangkan membawa uang kas kemana-mana terlalu berbahaya. Maka yang diandalkan adalah transfer bank,” pungkasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X