Kesan Pertama Menjajal Sony Xperia C3

Kompas.com - 29/08/2014, 14:04 WIB
Sony Xperia C3 SonySony Xperia C3
|
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Xperia C3 yang diluncurkan Sony Mobile Indonesia pada Rabu (27/8/2014) ditujukan untuk penyuka foto selfie. Smartphone dengan layar 5,5 inci ini tersedia dalam versi dual SIM.

Melihat dari bentuknya, kesan pertama yang akan muncul adalah sosoknya yang ramping dan tipis. Sony mendesain Xperia C3 dengan dimensi tebal 7,6 mm.

Selain kerampingannya, perhatian utama bagi yang baru saja melihat Xperia C3 akan tertuju pada layar utamanya karena kontras yang tinggi dan warna yang tajam. Sony menggunakan teknologi layar IPS dalam Xperia C3 dengan resolusi HD 720p.

Sudut pandang layarnya juga terasa memuaskan, layar tetap terlihat terang dan warna yang ditampilkannya terlihat akurat saat dilihat dari berbagai sudut.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Sony Xperia C3

Setelah acara peluncuran di Jakarta, KompasTekno berkesempatan menjajal Xperia C3. Kesan pertama saat menggenggam ponsel dengan bobot 150 gram itu, terasa ringan.

Ukuran layar 5,5 inci terasa pas dalam genggaman, walau mungkin bagi sebagian orang akan kesulitan saat ingin mengantonginya di saku celana depan.

Smartphone dengan ukuran layar 5,5 inci akan sedikit merepotkan jika dioperasikan dengan satu tangan, begitu juga kesan yang didapat pada Xperia C3 ini.

Jari jempol tidak bisa menjangkau seluruh permukaan layar, apalagi saat digunakan untuk mengetik dengan keyboard touch screen-nya. Karena itu, Xperia C3 lebih nyaman dioperasikan dengan dua tangan.

Respon antarmuka (interface) Xperia C3 sendiri terasa cepat saat digunakan untuk menjelajah menu dan aplikasi-aplikasinya. Transisi antar layarnya juga terasa halus. Layar juga memberikan kesan yang nyaman saat disentuh dengan jari karena permukaan halusnya.

Di bingkai bagian atas sebelah kanan, bertengger lensa kamera 25 mm dengan sensor resolusi 5 megapixel. Di sebelahnya terdapat lampu flash LED untuk memberikan hasil maksimal dalam berfoto selfie.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Kamera depan Sony Xperia C3 dengan lensa sudut lebar 25 mm, resolusi 5 megapixel dan fitur flash LED.

Sementara di ujung kiri atas terdapat sensor cahaya serta lampu indikator LED. Speaker smartphone juga terlihat sedikit menyembul di bagian tepi atas dan bawah bingkai. Colokan untuk mikrofon 3,5 mm bertengger di bagian atas smartphone.

Karena ketipisannya, tombol-tombol yang disematkan Sony dalam C3 terkesan tersembunyi. Di sisi kanan, selain terdapat slot untuk kartu dual SIM, terdapat pula tombol lockscreen, tombol volume, serta tombol khusus yang setting default-nya memberikan akses cepat ke fitur kamera.

Sementara di sisi kiri, terdapat slot kartu microSD yang bisa menampung kapasitas hingga 32 GB, serta slot kabel isi ulang daya.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Bagian samping Sony Xperia C3 yang menampung slot kartu microSD
Reska K. Nistanto/KompasTekno
Tombol-tombol di bagian sisi kanan Sony Xperia C3, beserta slot kartu SIM

Bagian belakang Xperia C3 tidak banyak terdapat perubahan dibanding ponsel Sony lainnya, hanya terdapat kamera resolusi 8 megapixel, serta sebuah lampu flash LED.

Logo Sony tertulis di cover belakangnya berikut brand Xperia di bagian bawah beserta sentuhan kisi-kisi berwarna perak sebagai lubang speaker.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Cover belakang Sony Xperia C3

Xperia C3 tersedia dalam tiga balutan warna, hitam, putih, dan hijau mint. Smartphone ini sudah mulai dijual dengan banderol harga Rp 3,8 juta untuk versi single SIM, dan Rp 3,9 juta untuk versi dual SIM.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X