Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Peta, Samsung "Selingkuh" dari Google

Kompas.com - 30/08/2014, 20:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Google Maps selama ini menjadi aplikasi wajib dalam perangkat Android yang mendapat lisensi dari Google. Namun Samsung kini menanggalkan aplikasi peta tersebut dalam perangkat Android Galaxy-nya.

Pabrikan gadget asal korea itu memutuskan untuk menggunakan aplikasi peta Here buatan Nokia, yang secara eksklusif akan tersedia di semua perangkat Galaxy-nya, termasuk smartphone dan smartwatch.

Menurut Phone Arena (29/8/2014), aplikasi Here Maps akan melakukan debutnya di perangkat wearable, smartwatch Samsung Galaxy Gear S yang baru. Jam tangan pintar Samsung itu rencananya akan dirilis pada Oktober mendatang.

Peta Here buatan Nokia itu akan menyediakan navigasi bagi pejalan kaki, komplit dengan belokan-belokannya, serta kemampuan sinkronisasi rute dengan perangkat lain yang kompatibel.

Kelebhan Here dibanding Google Maps adalah aplikasi tersebut bisa menyediakan panduan navigasi secara offline denngan GPS terintegrasi.

Dengan demikian, pengguna tak membutuhkan koneksi data internet saat menggunakan fitur pemandu jalan. Nokia mengatakan semua fitur Here Maps bisa digunakan di perangkat Android secara offline.

Samsung sendiri bukan kali pertama ini menggunakan aplikasi peta milik Nokia itu dalam perangkatnya. Sebelumnya, Here telah hadir di gadget Samsung yang menggunakan sistem operasi Tizen.

Dengan dipakainya Here di perangkat Samsung Galaxy, maka aplikasi pemetaan Nokia itu untuk pertama kalinya dipakai di perangkat Android.

Nokia juga mengatakan akan menambah fitur-fitur lain dalam Here. Namun, Nokia belum mengatakan apakah aplikasi petanya itu juga akan tersedia di perangkat Android selain Samsung atau tidak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com