Pertumbuhan Trafik Internet Indonesia Tercepat Kedua di Dunia

Kompas.com - 31/08/2014, 17:08 WIB
Karena berbasis teknologi dan internet, teknik atau metode pembelajaran yang diterapkan tidak lagi utuh dengan tatap muka setiap hari di kelas, melainkan melalui video conference, diskusi kelompok dengan cara chatting, dan sebagainya menggunakan perangkat teknologi dan internet. www.shutterstock.comKarena berbasis teknologi dan internet, teknik atau metode pembelajaran yang diterapkan tidak lagi utuh dengan tatap muka setiap hari di kelas, melainkan melalui video conference, diskusi kelompok dengan cara chatting, dan sebagainya menggunakan perangkat teknologi dan internet.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com  Menurut Cisco Visual Networking Index, Indonesia adalah negara dengan pertumbuhan lalu lintas IP tercepat kedua di dunia. Artinya, jumlah pengguna internet di Indonesia terus bertambah dengan pesat.

Cisco Visual Networking Index juga memperkirakan bahwa akan ada 164 juta pengguna internet dan 530,6 juta perangkat yang terhubung jaringan pada tahun 2018 di Indonesia.

Sedangkan data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan, hingga 2013 terdapat 71,19 juta pengguna internet di Indonesia, dengan penetrasi 28 persen. Artinya, bakal terjadi pertumbuhan luar biasa dalam kurun lima tahun sejak 2013.

Menurut pihak Cisco, dengan pertumbuhan cepat itu, Indonesia juga merupakan salah satu negara yang telah memasuki era Internet of Everything.

“Kita sudah berada pada awal era Internet of Everything. IoE tidak lagi menjadi istilah untuk tren masa depan, tetapi merupakan sebuah tantangan bagaimana kita akan membentuk transformasi di Indonesia melalui IoE," kata Ichwan F Agus, Telco Sales Director untuk Cisco Systems Indonesia, dalam keterangan resminya, Minggu (31/8/2014).

Menurut pihak Cisco, dalam 25 tahun ke depan, IoE akan berkontribusi dalam peningkatan peluang ekonomi. Cisco pun memperkirakan bahwa Internet of Everything membawa kesempatan global senilai 19 triliun dollar AS dalam dekade berikutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X