Kompas.com - 01/09/2014, 07:05 WIB
Komponen dalam CPU Intel Core i7-5960X yang memiliki 8 inti pemrosesan. Ars TechnicaKomponen dalam CPU Intel Core i7-5960X yang memiliki 8 inti pemrosesan.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Di bulan Maret lalu Intel telah mengeluarkan bocoran highlight produk-produk CPu-nya yang akan dirilis tahun ini.

Kini, Intel menghadirkan salah satu keluarga Haswell E dan Core i7 Extreme Edition, prosesor yang ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan kecepatan, serta untuk CPU workstation.

Dilansir dari Ars Technica (29/8/2014), keluarga i7 yang baru terdiri atas tiga chip baru. Dua di antaranya adalah prosesor dengan enam core.

Mereka adalah Core i7-5820K (harga retail 389 Dollar AS) dengan clock 3,3 GHz Turbo Boost hingga 3,6 GHz , dan Core i7-5930K (harga retail 583 Dollar AS) dengan clock 3,5 GHz dan Turbo Boost hingga 3,7 GHz.

Keduanya sama-sama memiliki fitur HyperThreading, L3 cache 15 MB, serta TDP 140W. Bedanya, selain dari kecepatan clock memori, versi i7-5820K hanya memiliki PCI Express 3.0 28 lane alih-alih 40 lane.

Walau demikian, jumlah tersebut masih 16 lane lebih banyak dibanding model-model CPU quad-core.

Selain itu, masih ada prosesor 8 core i7-5960X (harga retail 999 DOllar AS) yang memiliki kecepatan clock 3,0 GHz, Turbo Boost hingga 3,5 GHz, dan cache 20 MB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain CPU, Intel juga menghadirkan motherboard untuk keluarga Haswell-E yang menggunakan soket LGA 2011 v3.

Jika konsumen ingin beralih dari Ivy Bridge ke Haswell, maka motherboard Ivy Bridge-E dan Haswell-E tidak akan kompatibel dengan CPU-CPU baru yang dirilis tadi.

Selain itu, upgrader juga harus membuang memori DDR3 mereka, karena Haswell-E menjadi platform Intel pertama yang mengintegrasikan dukungan RAM DDR4.

Chipset baru juga diperkenalkan Intel untuk melengkapi sistem hardware terbarunya. Chipset X99 yang diperkenalkan Intel memiliki dukungan total 14 port USB (enam di antaranya merupakan USB 3.0), satu port gigabit Ethernet, delapan PCI Express 2.0, audio support, dan 10 port SATA III.

Haswell-E yang diperkenalkan Intel juga telah mendukung fitur Thunderbolt 2.0. Nmaun pabrikan motherboard harus mengintegrasikan kontroler khusus agar mendukung fitur kecepatan transfer data tinggi itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.