Kompas.com - 02/09/2014, 09:31 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Setelah menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada April lalu, pangsa pasar sistem operasi Microsoft yang telah berumur 13 tahun itu perlahan mulai berkurang.

Saat ini, pangsa pasar Windows XP di dunia masih berkisar di angka 20-an persen. Namun dari tahun ke tahun pangsa pasarnya memiliki tren yang terus menurun.

Seperti yang dilaporkan oleh Net Applications, pangsa pasar desktop global Windows XP turun dari 24,82 persen di bulan Juli menjadi 23,89 persen di bulan Agustus.

Jumlah penurunan itu nyaris 1 persen dalam satu bulan. Dengan laju penurunan seperti itu, maka diramalkan dua tahun lagi Windows XP sudah menghilang dari pasaran.

Penurunan tersebut menurut Net Application disebabkan oleh konsumen di kalangan kantoran yang banyak beralih dari OS Windows XP ke Windows 7.

Selain itu, seperti dikutip dari Tech Crunch (1/9/2014), berkurangnya minat pembelian terhadap PC juga turut berkontribusi, sehingga penurunan jumlah pengguna Windows XP juga terkesan lambat.

Jika Microsoft bisa segera merilis Windows 9, kemungkinan besar para pengguna XP akan banyak yang mengadopsinya, karena dinilai bisa memberikan jaminan keamanan lebih daripada Windows XP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.