Kompas.com - 03/09/2014, 07:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

NEW YORK, KOMPAS.com - Seorang pengacara selebriti terkemuka menyarankan para kliennya untuk tidak menggunakan telepon pintar dan iCloud. Saran ini disampaikan setelah foto-foto mesra aktris pemenang Oscar Jennifer Lawrence beredar di dunia maya menyusul dugaan aksi peretasan.

Martin Garbus, pengacara sidang di New York yang selama bertahun-tahun mewakili aktor beken seperti Al Pacino, Sean Connery, dan Robert Redford, Selasa (2/9/2014) menyatakan khawatir para kliennya rawan berhadapan dengan masalah keamanan.

"Tidak ada yang aman di internet, saat ini," kata Garbus. "Segala sesuatu di iPhone Anda, apakah itu panggilan telepon, teks pesan, gambar, semua bisa (diretas)."

Menurut Garbus, klien-kliennya mulai menghubungi dirinya, begitu foto mesra Lawrence mulai beredar di dunia maya, bersamaan dengan beredarnya foto-foto selebritis lain, Minggu (31/8/2014).

Apple Inc, menyatakan sedang menyelidiki laporan bahwa iCloud yang merupakan fasilitas penyimpanan data secara online diduga telah diretas.

Perwakilan Lawrence menyebut peredaran foto-foto Lawrence tersebut sebagai pelanggaran privasi yang kasat mata dan sudah melaporkannya ke pemerintah.

Juru bicara FBI mengatakan lembaga tersebut sudah mulai menangani kasus peretasan itu. Adapun Garbus menyatakan tak terkejut dengan isu peretasan karena menurut dia praktik serupa sudah banyak terjadi pada masa lalu. "Ada begitu banyak cara privasi seseorang dilanggar."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.