Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2014, 14:04 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Kantor pusat Hewlett-Packard (HP) di Palo Alto, California, Amerika Serikat

KOMPAS.com - Kadangkala ada produk yang ditemukan memiliki cacat setelah beredar, lalu terpaksa ditarik kembali. Inilah yang terjadi pada kabel adapter laptop buatan HP dan Compaq.

Kabel adaptor milik model-model laptop bikinan kedua perusahaan itu yang pasarkan antara bulan September 2010 hingga Juni 2012 ditengarai bisa menyebabkan masalah overheating yang berujung pada kebakaran.

Menurut kabar lansiran Daily Mail, sejauh ini HP telah menerima 29 laporan kebakaran yang diduga diakibatkan oleh kabel tersebut.

Sebanyak lebih dari 6 juta kabel adaptor laptop pun ditarik dari peredaran. Selain laptop, kabel ini turut dibundel bersama komputer netbook dan docking station buatan HP dan Compaq.

Daily Mail Ujung konektor HP yang bermasalah

"Pada 26 Agustus 2014, HP mengumumkan penarikan produk secara global dan program penggantian melalui kerjasama dengan badan-badan pemerintah," tulis HP dalam peryataan resminya.

Kabel yang bersangkutan memiliki kode berbunyi "LS-15" tertulis di bagian ujung konektor yang tersambung ke unit adaptor.

Pengguna yang memiliki kabel tipe ini disarankan agar  berhenti menggunakannya dan segera memesan pengganti yang disediakan secara cuma-cuma dari situs HP.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.