Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ajang "Ratu Geek" di Pop Con 2014

Kompas.com - 04/09/2014, 07:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini hobi-hobi yang terkesan "geeky" seperti komik dan game identik dengan kaum Adam. Hanya segelintir wanita yang tak malu berterus terang menyukai hal-hal semacam itu.  Hal ini turut disadari oleh Dennis Adhiswara dari Layaria, salah satu penyelenggara festival Industri kreatif Indonesia Pop Con Asia 2014.

 "Selama dua tahun Pop Con kami melihat bahwa pesertanya laki-laki semua. Awalnya cuma bercanda, tapi kemudian kami seriusi ingin mengangkat kaum wanita agar tak malu menjadi 'geek'," kata Dennis ketika ditemui usai acara diskusi dan media gathering Pop Con 2014 di Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Dennis menambahkan pihak penyelenggara telah mengumpulkan 130 peserta dari berbagai kalangan yang mendaftar lewat situs resmi Pop Con. Dari jumlah itu, pihak juri secara bertahap akan dipilih 5 orang finalis yang memperebutkan gelar sebagai Pop Babe.

Kriteria penilaian Pop Babes meliputi hal-hal seperti pengetahuan soal hobi yang diminati dan visi untuk memajukan industri pop culture Indonesia. "Pokoknya soal penampilan nomor sekian lah," kata Dennis yang mengaku sengaja tidak mengedepankan kecantikan fisik peserta Pop Babes.

Dennis menilai bahwa banyak perempuan di Indonesia yang memiliki kesukaan seputar hal-hal berbau "geek", hanya saja mereka kurang leluasa menggeluti minatnya itu karena terbentur anggapan umum soal hobi yang cocok untuk kaum hawa.

"Karena pop culture seperti komik atau game ini dianggap kekanak-kan akan atau kurang sesuai untuk wanita. Dengan adanya Pop Babes ini, kami ingin mereka lebih berani menunjukkan diri," kata Dennis lagi.

Nantinya, para cewek geeky tersebut diharapkan bisa lebih berperan di Industri Kreatif. "Mereka ini menyimpan banyak potensi. Di masa depan nanti, misalnya, bisa menjadi komikus atau filmmaker," pungkasnya.

Pop Con 2014 dijadwalkan bakal digelar pada 19-21 September mendatang, bertempat di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com