Kesan Pertama Mencoba Galaxy Note 4

Kompas.com - 05/09/2014, 12:14 WIB
Samsung Galaxy Note 4 KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHOSamsung Galaxy Note 4
|
EditorLaksono Hari Wiwoho


BERLIN, KOMPAS.com - Sudah tiga tahun Samsung secara rutin memperkenalkan telepon berlayar besar dengan kemampuan PC tablet dalam seri Galaxy Note. Tiga generasi phablet itu kini telah tergantikan oleh pendatang baru dalam keluarga Note dengan kemunculan Galaxy Note 4 pada pameran IFA di Berlin, Jerman, 5-10 September 2014.

Layar cemerlang, kinerja dan kamera mumpuni, serta ketahanan baterai. Empat hal itu merupakan poin paling banyak diperhatikan oleh konsumen, terutama pengguna Samsung Galaxy Note. Sebagaimana disampaikan Dale Ahn, Manager Product Strategy Team Mobile Communication Samsung Electronics, pada empat hal itulah Samsung mendorong kemampuan Note 4 untuk mengejar kepuasan pengguna. Perbedaan yang lebih baik dibanding seri sebelumnya terasa sangat kentara saat Kompas.com pertama kali merasakan pengalaman menggunakan Note 4 di Berlin.

Simpel

Kesan simpel dan "bersih" terasa saat pertama kali melihat penampilan Note 4. Setelah dipegang, Note 4 terasa lebih mantap di genggaman. Ini tak lain berkat penggunaan logam murni pada casing bagian samping. Meski tangan basah berkeringat, genggamannya tidak terasa licin. Lekukan kecil pada sudut rangka Note 4 mencegahnya lepas dari cengkeraman satu tangan.

Kesan simpel juga tampak pada setiap permukaan Note 4. Hanya ada dua tombol fisik pada bagian samping, masing-masing satu tombol di kanan-kiri. Plus satu tombol Home di permukaan depan. Tombol ini sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Juga tak banyak lubang colokan pada sisi-sisi peranti ini. Bagian bawahnya terdapat port micro-USB dengan dua lubang kecil mikrofon dan tempat menyelipkan stylus. Sisi rangka atas terdapat colokan headset dan satu lubang kecil untuk mikrofon. Ya, ada tiga lubang mikrofon di ponsel ini, kelak fungsinya dapat membedakan sumber suara pada saat merekam suara dengan banyak pembicara.

Seperti halnya Note 3, cangkang belakang Note 4 menggunakan bahan plastik. Penutup ini didesain hingga menyerupai tekstur mirip kulit.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Penampang bagian atas dan bawah pada Samsung Galaxy Note 4 dilengkapi lebih dari satu lubang kecil untuk mikrofon.

 

Tajam dan cemerlang

Besar display 5,7 inci pada Note 4 membuat pengguna terasa leluasa menelusuri ketajaman pada detail gambar. Apalagi perangkat ini diperkaya dengan resolusi quad-HD (2.560 x 1.440 pixel) dengan kerapatan gambar 518 pixel per inci (ppi). Dukungan Super AMOLED seperti pada Galaxy S5 menambah cakupan warna gambar yang ditampilkannya. Niscaya mata Anda dapat merasakan jutaan warna pada display Note 4. Balutan 2.5D Gorilla Glass membuat layar ini tahan gores.

Kemampuan kamera menjadi salah satu poin andalan Note 4. Saat mencobanya, daya tangkap kamera Note 4, baik kamera depan maupun belakang, terasa lebih terang. Samsung mengklaim 60 persen lebih terang dari tangkapan kamera Note 3.

Note 4 dilengkapi kamera depan 3,7 megapixel dengan cakupan lensa lebih luas (wide-angle) dan bukaan diafragma f1.9. Ini terasa bermanfaat ketika Anda sedang membuat foto selfie. Tanpa bantuan orang lain atau tongkat narsis untuk memotret diri, Anda bisa menghasilkan foto dengan latar belakang lebih lebar. Apalagi jika memanfaatkan fitur Wide Selfie, yang bekerja mirip foto panorama.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X