Kompas.com - 07/09/2014, 10:11 WIB
|
EditorOik Yusuf
Prosesor Intel dari keluarga Core M dirancang untuk perangkat tipis, seperti reference design tablet yang ditampilkan oleh Intel ini.

KOMPAS.com - Pertama kali diungkapkan keberadaannya pada awal Juni lalu, seri prosesor mobile Core M akhirnya diluncurkan oleh Intel.

Core M adalah bagian dari keluarga prosesor baru bernama Broadwell yang diproduksi menggunakan teknologi manufaktur 14 nm sehingga lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya, Haswell.

Terdapat dua model prosesor Core M yang diluncurkan oleh Intel, yaitu Core M 5Y10/ 5Y10a dengan kecepatan hingga 2 GHz dan Core M 5Y70 yang kinerjanya lebih tinggi dengan kecepatan 2,6 GHz.

Seebagaimana dikutip dari ZDNet, kedua model prosesor tersebut ditujukan untuk ketegori komputer portable “2-in-1”m atau tablet yang bisa berubah menjadi laptop dan sebaliknya.

Model-model komputer tersebut rencananya bakal mulai tersedia pada Oktober mendatang dari para pabrikan rekanan Intel seperti Lenovo, HP, Dell, dan Asus.

Teknologi manufaktur 14 nm “menciutkan” ukuran fisik prosesor Core M, hingga 50 persen lebih kecil dan 30 persen lebih tipis dibandingkan seri prosesor sebelumnya sehingga ukuran komputer yang memakai chip itu bisa turut dikecilkan.

Intel mengklaim bahwa komputer Core M bisa memiliki ketebalan hanya 9 mm, di samping tidak menggunakan kipas pendingin karena prosesor ini juga memiliki suhu operasi yang rendah.

Suhu rendah tersebut antara lain dimungkinkan oleh konsumsi daya Core M yang disebutkan hnya berkisar pada angka 4,5 watt, tak sampai setengah dari seri prosesor Haswell yang berkisar di 11,5 watt.

“Efek samping” dari konsumsi daya rendah adalalah peningkatan daya tahan baterai dari komputer yang menggunakan Core M, yakni hingga 20 persen lebih lama dibandingkan proudk-produk sejenis yang ada saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.