Kompas.com - 08/09/2014, 10:08 WIB
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Di tengah skandal pembobolan iCloud, Apple diharapkan bisa memunculkan lagi "keajaiban" baru dalam peluncuran produknya, 9 September 2014. Bisakah Apple memunculkan lagi hal besar sebagai ikon pembuat gadget?

Seperti yang jamak terjadi selama ini, Apple membisu menjelang jadwal peluncuran produk baru pada Selasa (9/9/2014). Hajatan tersebut akan digelar di salah satu pusat seni pertunjukan, tempat pendiri Apple mendiang Steve Jobs memperkenalkan komputer Macintosh pada 30 tahun lalu.

Para pemerhati berharap Apple memunculkan produk yang lebih keren dibandingkan iPhone -dan semoga lebih signifikan- berupa produk semacam iWatch, pada acara yang akan dipimpin oleh CEO Apple, Tim Cook, itu.

Pilihan lokasi untuk peluncuran produk ini memicu pembicaraan bahwa Apple akan meluncurkan produk komputasi wearable berupa smartwatch bertema kesehatan, dengan cara serupa saat Apple mengambil alih dominiasi produk smartphone, table, dan MP3 player lewat iPhone, iPad, dan iPod.

"Ini mungkin adalah hal besar terakhir yang Steve akan berikan pada kita," komentar Presiden Creative Strategies, Tim Bajarin. "Ini adalah desain Tim Cook, tapi asalnya adalah perjalanan kesehatan Steve."

Melampaui capaian di industri musik

Menurut Bajarin, dorongan bagi Apple untuk membuat produk wearable berasal dari Jobs berikut kefrustasiannya saat menjalani sistem perawatan kesehatan selama berjuang melawan sakit yang akhirnya merenggut nyawanya pada 2011.

Apple dapat menggunakan fasilitas penyimpan data online iCloud untuk diagregasikan dengan informasi kesehatan. Fungsi ini bisa menjadi mediator untuk industri perawatan kesehatan.

"Anda bisa lihat Apple akan bisa berperan lebih besar di sini daripada di industri musik," ujar Bajarin merujuk pada kiprah iTunes di industri musik.

Sebelumnya, Cook telah menyatakan bahwa produk wearable akan lebih masuk akal dipasang di pergelangan tangan dibandingkan dibuat dalam wujud kacamata laiknya Google Glass.

Apple telah menyelaraskan sistem operasi mobile baru yang memungkinkan sistem pembayaran mobile digabung termasuk dengan platform kesehatan, bisa dikemas pula dalam rupa iWatch untuk pelacakan, pencarian restoran, pengisian pulsa, sekaligus terhubung dengan iPhone dan iPad.

Meskipun Apple bukan yang pertama menanamkan "kecerdasan" ke dalam perangkat yang bisa dikenakan, perusahaan ini punya peluang menaikkan posisi tawar bermodalkan merek dagang yang mengombinasikan gaya dan inovasi.

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.