Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2014, 13:33 WIB
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Produsen mikroprosesor Intel meluncurkan keluarga baru "otak" untuk perangkat komputer server yaitu Xeon E5-2600 v3 pada Senin (8/9/2014).

Xeon E5-2600 v3 diklaim performanya meningkat tiga kali lipat dari generasi sebelumnya.

Peningkatan ini berkat jumlah inti (core) maksimal pada prosesor Xeon E5-2600 v3 ditingkatkan dari 12 core menjadi 18 core, dengan cache Level 3 dari 30 MB menjadi 45 MB.

Intel juga melipatgandakan fitur Advanced Vector Extensions (Intel AVX2) hingga 256 bits per clock cycle yang digunakan untuk memproses kerja integer sensitive. Peningkatan ini menyumbang peningkatan kinerja hingga 1,9 kali dari total keseluruhan.

Tren penggunaan server untuk layanan virtual machine pun tak dilupakan prosesor server baru ini. Xeon E5600 v3 juga digenjot untuk mendukung penggunaan virtual machine. Kini, perangkat server yang menggunakan v3 bisa mendukung 70 persen lebih banyak virtual machine pada setiap server-nya.

Peningkatan ini berimbas positif untuk pengurangan biaya operasional sebuah data center yang mengelola banyak server dengan metode virtual machine.

Kunci terakhir naiknya performa dari E5600 v3 adalah dukungan terhadap jenis kartu memori DDR4. Penggunaan jenis RAM ini membuat kinerja prosesor baru dalam mengelola data bandwidth meningkat hingga 1,4 kali.

Perfoma meningkat tak membuat v3 lebih boros. Ia disebutkan jauh lebih efisien ketimbang Xeon E5-2600 v2 yang sebenarnya sudah hemat daya.

Reza Wahyudi/KompasTekno
Diane Bryant, senior vice president and general manager data center Intel memperlihatkan kepingan
Perangkat server sejatinya dirancang untuk layanan-layanan skala besar dan kompleks. Namun, semakin kompleks sebuah layanan makin besar pula kebutuhan dayanya.

"Produk-produk skala besar tak boleh meninggalkan faktor efisiensi," kata Diane Bryant, Senior Vice President and General Manager Data Center Intel, saat acara peluncuran, sehari sebelum pembukaan event Intel Developer 2014 di San Francisco, AS.

Xeon E5-2600 v3 bisa lebih hemat daya berkat penggunaan fabrikasi 22 nanometer (nm), teknologi 3D Tri-Gate, dan pengurangan konsumsi daya dengan meningkatkan performa transistor.

Mulai Senin (8/9/20140, keluarga prosesor Intel Xeon E5-2600 v3 akan dipakai produk server, storage, dan jaringan di berbagai vendor. Prosesor server baru akan digunakan di produk milik vendor-vendor, seperti Cisco, Dell, Fujitsu, Hitachi, HP, Huawei, IBM, Lenovo, Oracle, Supermicro, dan lainnya.

Xeon E5-2600 v3 dengan 26 versi dijual pada kisaran harga 213 sampai 2.702 dollar AS untuk pembelian di atas 1000 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.