Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Pay Mau Gantikan Kartu Kredit?

Kompas.com - 10/09/2014, 10:36 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran iPhone baru, Apple juga memperkenalkan layanan barunya yang disebut dengan Apple Pay.

Layanan Apple Pay adalah metode pembayaran mobile yang diperkenalkan Apple untuk menggantikan metode pembayaran manual dengan menggunakan kartu kredit atau debit.

"Kami telah mencurahkan banyak energi dalam membuat solusi pembayaran baru ini," ujar Tim Cook, CEO Apple.

"Layanan ini aman dan bersifat rahasia, sehingga bisa mempermudah dan mempercepat pembayaran barang," imbuh Apple Senior Vice President of Internet Software and Services, Eddy Cue dalam presentasinya Selasa (9/9/2014) pagi waktu Cupertino, AS

Apple Pay didukung oleh teknologi yang berada di dalam iPhone 6, seperti antena NFC, fitur keamanan Touch ID, serta fitur Passbook yang ada dalam iOS.

Pengganti kartu fisik

Apple Pay bekerja layaknya kartu kredit dan debit. Smartphone pengguna menggantikan kartu debit atau kredit tersebut. Pengguna bisa membuat kartu virtual di dalam iPhone-nya berdasar pada kartu debit atau kredit miliknya. Pembuatan kartu virtual ini bisa dilakukan melalui akun iTunes.

Untuk menambahkan kartu baru, mereka cukup memotret kartu debit atau kredit mereka dengan kamera iSight di iPhone.

Setelah proses pembuatan kartu selesai, maka kartu tersebut bisa digunakan utuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang mendukung teknologi NFC.

Pengguna bisa melakukan transaksi dengan hanya melakukan sentuhan jari di sensor Touch ID.

Kartu yang dibuat kemudian akan disimpan di Passbook. Apple mengklaim bahwa informasi kartu debit atau kredit yang disimpan di dalam Passbook tidak tercatat baik di perangkat iPhone atau di server Apple.

Faktor keamanan

Isu keamanan menjadi hal yang penting bagi Apple, terutama dalam Apple Pay ini. "Kami telah mengintegrasikan keamanan secara menyeluruh baik untuk software dan hardware-nya," ujar Eddy Cue.

Jika smartphone hilang, maka pengguna tak perlu memblokir kartu-kartunya, cukup menggunakan fitur Find My iPhone untuk memblokir transaksi.

Setiap transaksi yang dilakukan akan dikonfirmasi dengan satu kode unik khusus yang dinamis, menggantikan kode keamanan statis yang berada di belakang kartu kredit/debit pengguna.

Apple juga tidak mencatat barang apa yang pengguna beli, di mana membelinya, dan berapa harganya. Sementara kasir tidak bisa melihat nama serta nomor kartu kredit/debit, berikut kode keamanannya.

Apple telah bekerjasama dengan tiga jaringan pembayaran besar, American Express, MasterCard, dan Visa dalam memberikan layanan Apple Pay.

Apple Pay bisa digunakan pada iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch. Layanan ini baru tersedia di wilayah Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com