Apple Pay Mau Gantikan Kartu Kredit?

Kompas.com - 10/09/2014, 10:36 WIB
Apple mendemonstrasikan Apple Pay pada peluncuran iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch di California, Selasa (9/9/2014) waktu setempat. TheVergeApple mendemonstrasikan Apple Pay pada peluncuran iPhone 6, iPhone 6 Plus dan Apple Watch di California, Selasa (9/9/2014) waktu setempat.
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Bersamaan dengan peluncuran iPhone baru, Apple juga memperkenalkan layanan barunya yang disebut dengan Apple Pay.

Layanan Apple Pay adalah metode pembayaran mobile yang diperkenalkan Apple untuk menggantikan metode pembayaran manual dengan menggunakan kartu kredit atau debit.

"Kami telah mencurahkan banyak energi dalam membuat solusi pembayaran baru ini," ujar Tim Cook, CEO Apple.

"Layanan ini aman dan bersifat rahasia, sehingga bisa mempermudah dan mempercepat pembayaran barang," imbuh Apple Senior Vice President of Internet Software and Services, Eddy Cue dalam presentasinya Selasa (9/9/2014) pagi waktu Cupertino, AS

Apple Pay didukung oleh teknologi yang berada di dalam iPhone 6, seperti antena NFC, fitur keamanan Touch ID, serta fitur Passbook yang ada dalam iOS.

Pengganti kartu fisik

Apple Pay bekerja layaknya kartu kredit dan debit. Smartphone pengguna menggantikan kartu debit atau kredit tersebut. Pengguna bisa membuat kartu virtual di dalam iPhone-nya berdasar pada kartu debit atau kredit miliknya. Pembuatan kartu virtual ini bisa dilakukan melalui akun iTunes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menambahkan kartu baru, mereka cukup memotret kartu debit atau kredit mereka dengan kamera iSight di iPhone.

Setelah proses pembuatan kartu selesai, maka kartu tersebut bisa digunakan utuk melakukan pembayaran di merchant-merchant yang mendukung teknologi NFC.

Pengguna bisa melakukan transaksi dengan hanya melakukan sentuhan jari di sensor Touch ID.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X