Kompas.com - 11/09/2014, 08:16 WIB
|
EditorWicak Hidayat


JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika tuntutan pekerjaan berhadapan dengan mobilitas tinggi, tidak banyak pilihan yang bisa dilakukan selain membawa serta pekerjaan itu dalam setiap tempat beraktivitas. Problem kemudahan, kenyamanan, hingga efektivitas kerja yang dinamis menjadi tantangan selanjutnya dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Itu sebabnya, dengan berbagai alasan, kaum profesional memperlengkapi diri dengan peranti digital multifungsi dan portabel. Telepon pintar dengan kemampuan komputasi yang memadai menjadi salah satu solusinya. Dari sinilah kemudian muncul berbagai perangkat tablet PC dengan kemampuan telefoni, termasuk Samsung Galaxy Note 4.

Dengan segala fitur yang dimilikinya, Note 4 yang baru diluncurkan di Berlin, Jerman, pekan lalu, diklaim menjadi salah satu telepon tablet (phablet) berkemampuan komplet dan lebih lengkap dibanding seri-seri sebelumnya.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Hasil goresan tangan dengan menggunakan S Pen pada phablet Samsung Galaxy Note 4 menghasilkan tulisan digital yang natural.


S Pen jadi kunci

Salah satu perubahan paling krusial dalam perangkat ini adalah pena digital S Pen. Ini bukan sekadar stylus untuk membuat corat-coret di layar Note 4. Pena digital ini dirancang agar memiliki sensitivitas tekanan mendekati pena asli.

Layar Galaxy Note 4 memiliki sensitivitas terhadap tekanan pena dua kali lipat lebih besar dari Galaxy Note 3. Note 4 dapat mengenali keluwesan gerak dan posisi S Pen. Hasil goresannya akan berbeda-beda tergantung kemiringan pena, perputarannya, maupun kecepatan gerakan pena tersebut.

Sensitivitas itulah yang pada akhirnya membuat goresan S Pen dapat menciptakan gambar tanda tangan serupa goresan pulpen bertinta. Garis tebal maupun tipis, pekat maupun transparan, dapat dilakukan dengan lebih mudah dan presisi. Demikian pula dalam membuat desain kaligrafi maupun menulis halus. Singkat kata, S Pen memberikan pengalaman menulis digital semudah dan seindah tulisan tangan dengan pena asli.

Fitur bertambah

Untuk melengkapi kemampuan S Pen, sejumlah fitur baru ditambahkan pada Note 4. Salah satunya adalah fungsi Smart Select pada fitur Air Command. Fungsi ini berguna untuk menyeleksi lebih dari satu klip gambar. Potongan-potongan seleksi tadi akan disimpan dalam clipboard dan mudah dimunculkan kembali, misalnya disertakan sebagai e-mail attachment dalam wujud file PDF, JPG,atau memo.

Smart Select juga dapat digunakan untuk menyeleksi tulisan, baik teks berderet maupun potongan teks terpisah, semudah menyeleksi dengan mouse pada komputer. Seperti pada seri sebelumnya, S Pen juga memiliki fungsi drag & drop sehingga pengguna mudah menyalin gambar-gambar hasil seleksi dari clipboard ke jendela aplikasi lain.

KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO
Demonstrasi kemampuan fitur Snap Note pada Samsung Galaxy Note 4.


Ada pula fitur Snap Note, yang memudahkan pengguna mengedit foto yang dibidik dengan kamera Note 4. Taruhlah contoh Anda ingin menyalin tulisan pada papan tulis dan mengeditnya. Jepret saja tulisan tersebut--tidak harus tegak lurus dari arah depan--dan Snap Note akan menangkap tulisan tersebut, mengoreksi sudut kemiringannya, agar bisa disunting ulang pada layar Note 4. Anda dapat menghapus, mengubah warna, atau memperbesar bagian-bagian dalam catatan dari papan tulis tadi.

Di luar itu, Samsung bekerja sama dengan Montblanc juga membuat e-Starwalker, yakni S Pen khusus dengan desain eksklusif. Tidak seperti S Pen yang ramping, pena digital buatan Montblanc ini dibuat elegan menyerupai pulpen pada umumnya. Montblanc juga membuatkan leather flip cover sebagai selimut Note 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.