Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Sebesar "SD Card" Beredar Akhir Tahun

Kompas.com - 11/09/2014, 12:31 WIB
Reza Wahyudi

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Januari 2014, Intel Edison dipastikan beredar di 65 negara pada akhir tahun ini dengan banderol harga  50 dollar AS (sekitar Rp 600.000).

Informasi ini disampaikan oleh CEO Intel Brian Kraznic pada pidato pembukaan ajang tahunan Intel Developer Forum (IDF) 2014 pada Selasa (9/9/2014) di San Francisco, AS.

Intel Edison sejatinya adalah sebuah komputer mungil yang ukurannya hanya sebesar kartu memori SD card.

Meski mini, Edison bisa bekerja layaknya komputer pada umumnya, lengkap dengan RAM LPDDR2, memori flash NAND, serta konektivitas WiFi dan Bluetooth.

Sebagai sebuah komputer, Intel Edison bisa terhubung ke perangkat monitor, mouse, keyboard, dan board expansion melalui port USB.

Dibangun dengan basis prosesor Intel Quark 22 nm, Edison ditujukan untuk wearable device dan produk elektronik "pintar" untuk konsumen, di mana ukuran fisik dan konsumsi daya harus ditekan seminim mungkin.

Intel memang tengah menyasar segmen wearable computing. Selain itu, menurut Kraznich, Edison menjadi jembatan untuk mewujudkan misi Intel dan bagian dari Internet of Things yang ingin menghubungkan semua perangkat dengan jaringan internet.

Sebuah microcontroller yang bisa diprogram pada Edison berperan mengatur input dan output serta berbagai macam fungsi dasar lainnya, sementara core prosesornya yang menggunakan arsitektur x86 bisa menjalankan OS open source Linux dan sistem operasi lain.

Berkat sifatnya yang fleksibel, Edison bisa dijadikan perangkat komputasi apapun. Tinggal bagaimana kreativitas dan kemampuan pemrograman para pengembang aplikasi (developer).

"Kami mengajak para developer untuk memaksimalkan kemampuan Edison hingga bisa menjadi produk yang berguna," ujar Kraznich.

Untuk menampung hasil karya developer, Intel telah menyediakan toko aplikasi yang didesain khusus untuk Edison.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com