Kompas.com - 11/09/2014, 12:31 WIB
CEO Intel mengumumkan board komputer mini Intel Edison bakal dijual seharga 50 dollar AS pada akhir tahun 2014. Reza Wahyudi/KompasTeknoCEO Intel mengumumkan board komputer mini Intel Edison bakal dijual seharga 50 dollar AS pada akhir tahun 2014.
Penulis Reza Wahyudi
|
EditorWicak Hidayat
SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan pada Januari 2014, Intel Edison dipastikan beredar di 65 negara pada akhir tahun ini dengan banderol harga  50 dollar AS (sekitar Rp 600.000).

Informasi ini disampaikan oleh CEO Intel Brian Kraznic pada pidato pembukaan ajang tahunan Intel Developer Forum (IDF) 2014 pada Selasa (9/9/2014) di San Francisco, AS.

Intel Edison sejatinya adalah sebuah komputer mungil yang ukurannya hanya sebesar kartu memori SD card.

Meski mini, Edison bisa bekerja layaknya komputer pada umumnya, lengkap dengan RAM LPDDR2, memori flash NAND, serta konektivitas WiFi dan Bluetooth.

Sebagai sebuah komputer, Intel Edison bisa terhubung ke perangkat monitor, mouse, keyboard, dan board expansion melalui port USB.

Dibangun dengan basis prosesor Intel Quark 22 nm, Edison ditujukan untuk wearable device dan produk elektronik "pintar" untuk konsumen, di mana ukuran fisik dan konsumsi daya harus ditekan seminim mungkin.

Intel memang tengah menyasar segmen wearable computing. Selain itu, menurut Kraznich, Edison menjadi jembatan untuk mewujudkan misi Intel dan bagian dari Internet of Things yang ingin menghubungkan semua perangkat dengan jaringan internet.

Sebuah microcontroller yang bisa diprogram pada Edison berperan mengatur input dan output serta berbagai macam fungsi dasar lainnya, sementara core prosesornya yang menggunakan arsitektur x86 bisa menjalankan OS open source Linux dan sistem operasi lain.

Berkat sifatnya yang fleksibel, Edison bisa dijadikan perangkat komputasi apapun. Tinggal bagaimana kreativitas dan kemampuan pemrograman para pengembang aplikasi (developer).

"Kami mengajak para developer untuk memaksimalkan kemampuan Edison hingga bisa menjadi produk yang berguna," ujar Kraznich.

Untuk menampung hasil karya developer, Intel telah menyediakan toko aplikasi yang didesain khusus untuk Edison.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.