Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembuat Game "Minecraft" Dilirik Microsoft

Kompas.com - 12/09/2014, 11:38 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Pengembang game asal Swedia, Mojang dikabarkan sedang dalam tahap pembicaraan untuk diakuisisi Microsoft. Kabarnya, raksasa software yang bermarkas di Redmond, Washington itu telah menyiapkan dana miliaran Dollar AS.

Mojang, developer game populer Minecraft, menurut sumber yang dekat dengan permasalahan tersebut, dikabarkan akan diakuisisi Microsoft dengan mahar 2 miliar Dollar AS.

Diberitakan pertama kali oleh The Wall Street Journal (10/9/2014), harga yang ditawarkan Microsoft itu tergolong besar, mengingat saat ini baru Minecraft saja yang menjadi satu-satunya game yang telah komplit dibuat oleh Mojang.

Sebelumnya, Mojang memiliki dua judul game lain, namun satu di antaranya masih berupa beta, dan satu lagi proyeknya dihentikan tahun lalu. Minecraft saat ini tersedia di konsol Xbox dan PlayStation, serta hadir dalam versi PC dan smartphone.

Untuk game Minecraft sendiri, semenjak diluncurkan pada 2009 game tersebut telah terjual sebanyak 50 juta copy. Tahun lalu, Mojang mendapatkan keuntungan sebesar lebih dari 100 juta Dollar AS dari penjualan game dan merchandise.

Jika akuisisi tersebut terealisasi, maka Mojang akan bergabung dengan studio-studio besar di bawah Microsoft yang telah menelurkan game-game populer seperti Halo, Forza, dan seri Kinect Sports, sebagai bagian dari Microsoft Studios.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com