Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajaran Prosesor Baru Dukung Perangkat 4G Murah

Kompas.com - 12/09/2014, 13:13 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber ENGADGET

KOMPAS.com - Qualcomm memperkenalkan seri chipset terbarunya, Snapdaragon 210. Chip SoC ini dibuat untuk kebutuhan smartphone low-end, namun menawarkan fitur untuk jaringan 4G LTE.

Dalam peluncurannya di Hong Kong (9/9/2014), fitur menonjol dari Snapdragon 210 adalah kemampuan multi-mode 3G dan dual mode LTE, menjadikannya chip murah pertama yang mendukung LTE.

Fitur lain yang diperkenalkan Qualcomm dalam Snapdragon 210 antara lain CPU quad-core 1,1 GHz dengan arsitektur Cortex A7, GPU Adreno 304, Bluetooth 4.1, jaringan WiFi 802.11n, serta dukungan video resolusi 720p.

Dengan Snapdragon 210, Qualcomm mengincar pasar dunia ketiga tempat banyak dipasarkannya perangkat murah dengan banderol harga sekitar 100 Dollar AS ( Rp 1 juta-an).

Qualcomm juga mencoba membuktikan bahwa perangkat LTE bisa dibuat dengan harga yang terjangkau.

Menurut Engadget (9/9/2014), Qualcomm juga akan membuat referensi desain smartphone dan tablet yang mengususng chip barunya ini, agar bisa dibuat semurah mungkin. Namun, perangkat-perangkat LTE murah tersebut rencananya baru akan diluncurkan mulai pertengahan tahun 2015.

Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana reaksi kompetitor Qualcomm dalam perlombaan chip LTE.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com