Kompas.com - 14/09/2014, 09:05 WIB
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com — SanDisk membuat terobosan berupa kartu penyimpanan SD card dengan kapasitas yang belum pernah dicapai selama ini, 512 gigabyte (GB). SD card itu kini menjadi kartu penyimpanan dengan kapasitas terbesar.

Menurut BBC, Jumat (12/9/2014), SanDisk akan menjual kartu penyimpanan itu dengan banderol 800 dollar AS (sekitar Rp 9,5 juta).

Kartu penyimpanan tersebut ditujukan bagi kalangan videografer yang merekam dalam format video 4K (empat kali Full HD).

File 4K memang membutuhkan ruang penyimpanan yang luas, tergantung pada kompresi yang digunakan. Namun, file video 4K durasi satu menit biasanya memakan ruang hingga 5 GB.

"4K Ultra HD adalah contoh teknologi yang mendorong kami untuk membuat solusi penyimpanan dengan kapasitas besar," ujar Dinesh Bahal, VP Product Marketing SanDisk.

Dengan kapasitas 512 GB, maka kartu SanDisk itu bisa digunakan untuk menyimpan file video 4K durasi 30 menit, tergantung pada tipe kamera yang digunakan.

Peluncuran kartu dengan kapasitas penyimpanan terbesar di dunia itu bertepatan dengan momen 10 tahun semenjak SanDisk meluncurkan SD card 512 megabyte (MB).

Format SD card saat ini menjadi format kartu penyimpanan yang paling banyak dipakai sebagai standar penyimpanan berbasis flash. Kartu ini populer dipakai di kamera digital, camcorder, atau perangkat mobile lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber BBC


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.