Android One Meluncur di India, Indonesia Berikutnya

Kompas.com - 16/09/2014, 07:32 WIB
Android One, proyek smartphone Android murah Google GoogleAndroid One, proyek smartphone Android murah Google
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Android One, proyek Google dalam membuat smartphone Android dengan harga terjangkau yang berkualitas, mulai Senin (15/9/2014) resmi diluncurkan di India.

Menurut rencana Google, Indonesia juga akan kebagian smartphone Android murah referensi Google ini.

Untuk membuat perangkat Android murah, Google menggandeng pemanufaktur (Original Equipment Manufacturer / OEM ) lokal di India. Bos Google Android, Sundar Pichai mengatakan, Android One diharapkan bisa meningkatkan skala ekonomi penggunanya.

Perangkat tahap pertama yang dijual di India itu dibanderol dengan harga sekitar 105 Dollar AS (Sekitar Rp 1,2 juta).

"Kami ingin membuat smartphone berkualitas yang terjangkau, dengan akses ke internet, dan tersebar di seluruh dunia," ujar Pichai seperti dilansir dari BBC (15/9/2014).

Android One merupakan proyek smartphone murah, yang memungkinkan OEM menggunakan spesifikasi smartphone yang disediakan oleh Google.

"Kami menyediakan pilihan yang efektif bagi OEM, mereka bisa memilih CPU, GPU, kapasitas penyimpanan, jenis baterai, kamera, dan sebagainya," ujar Pichai di saat acara peluncuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, pabrikan bisa mengemat biaya karena mereka tidak harus melakukan riset dan pengujian, misalnya soal software dan hardware apa yang paling optimal mereka gunakan.

Pichai juga mengatakan, proyek Android One selanjutnya juga akan dibawa ke Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka.

Android One yang diluncurkan di India diproduksi oleh Micromax, yang cukup populer di India. Smartphone tersebut memiliki spesifikasi sebagai berikut:

  • Layar 4,5 inci
  • Prosesor quad core buatan Mediatek
  • RAM 1 GB
  • Dual SIM
  • Kamera belakang 5 megapixel, depan 2 megapixel
  • Kompatibel dengan versi OS Android berikutnya
  • Slot micro-SD
  • Baterai yang bisa dilepas

Di India, jika menggunakan operator seluler yang direkomendasikan, pengguna tidak akan dikenai biaya akses data saat mengunduh update selama enam bulan pertama. Pengguna di India juga bisa mengunduh aplikasi dari Google Play tanpa membayar akses data, dengan kuota 200 MB.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X