Kompas.com - 16/09/2014, 08:12 WIB
Jalur trotoar khusus bagi pengguna smartphone di kota Chongqing, Tiongkok www.news.cnJalur trotoar khusus bagi pengguna smartphone di kota Chongqing, Tiongkok
|
EditorWicak Hidayat

 

KOMPAS.com — Berjalan kaki sambil mengoperasikan smartphone kian banyak dilakukan. Sering kali, kegiatan itu berujung celaka, seperti kaki yang terjeblos di lubang atau saling tabrak satu sama lain.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, sebuah kota di Tiongkok membuat jalur khusus untuk pengguna smartphone.

Kota Chongqing menyediakan jalur khusus bagi pengguna smartphone di trotoar. Dengan demikian, mereka bisa berjalan sembari melihat ke layar telepon, terpisah dari pejalan kaki biasa.

Dikutip dari Mashable, Minggu (14/9/2014), jalur dengan lebar lebih kurang 3 meter itu diberi tanda dengan tulisan berbahasa Tiongkok dan Inggris yang berbunyi, "Pengguna smartphone berjalan di jalur ini, risiko ditanggung sendiri."

Sementara jalur lainnya diberi tanda "No Cell Phones", yang ditujukan bagi pejalan kaki pada umumnya.

Trotoar itu juga dilengkapi dengan rambu-rambu bagi pejalan kaki. Rambu berwarna biru itu bertuliskan "First mobile phone sidewalks in China", yang menandakan jalur tersebut merupakan yang pertama di Tiongkok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut harian Telegraph, pejabat setempat membuat jalur tersebut dengan sengaja untuk memperingatkan pejalan kaki untuk tidak menggunakan smartphone sambil berjalan. "Sebaiknya tidak mengoperasikan smartphone saat berjalan kaki," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Mashable

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.