Kompas.com - 16/09/2014, 12:05 WIB
Drone Solara 50 dari Titan Aerospace Titan AerospaceDrone Solara 50 dari Titan Aerospace
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Drone Solara 50 dari Titan Aerospace

KOMPAS.com - Google memiliki rencana memanfaatkan drone alias pesawat tanpa awak yang memancarkan sinyal Wi-Fi dari  angkasa untuk memperluas jangkauan akses internet hingga ke daerah terpencil.

Raksasa internet itu pada Jumat, (12/9/2014), lalu telah meminta izin pada Komisi Komunikasi Federal AS (FCC) untuk melakukan pengujian drone dengan memakai dua blok frekuensi.

Uji coba dijadwalkan berlangsung selama 6 bulan mulai Oktober 2014 mendatang di negara bagian New Mexico, AS, di sebuah lokasi seluas 1.400 kilometer persegi.

"Google telah mengakuisisi Titan Aerospace, perusahaan pembuat wahana tanpa awak bertenaga matahari dan listrik yang mampu terbang tinggi dan lama," tulis Google dalam surat pengajuan izin yang dikutip oleh PC World.

"Sistem ini nantinya bisa dipakai untuk menyediakan koneksi internet di daerah-daerah terpencil atau memantau kerusakan lingkungan seperti tumpahan minyak atau deforestasi," lanjut Google.

Dua blok frekuensi yang akan digunakan google adalah 910 MHz/ 927 MHz dan 2,4 GHz/ 2,141 GHz. Keduanya merupakan spektrum untuk keperluan "industrial, riset, dan medis" (ISM).

Di samping perluasan akses internet, Google dikabarkan sedang mengembangkan layanan pengiriman barang menggunakan drone. Raksasa search engine ini juga diketahui memanfaatkan balon udara untuk memancarkan sinyal Wi Fi dalam program bernama Project Loon yang diluncurkan tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber PC World
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.