Review Xiaomi Redmi 1S: Spek Hebat, Harga Bersahabat (2)

Kompas.com - 17/09/2014, 00:01 WIB
Sisi belakang memuat unit kamera, LED flash, dan lubang speaker. Adapula logo Xiaomi berwarna chrome di bagian bawah oik yusuf/ kompas.comSisi belakang memuat unit kamera, LED flash, dan lubang speaker. Adapula logo Xiaomi berwarna chrome di bagian bawah
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
<<-- Halaman 1: Review Xiaomi Redmi

Kamera jempolan

Unit kamera pada smartphone "murah" biasanya kurang bisa diandalkan, tapi tidak demikian halnya dengan Redmi 1S. Kamera 8 megapixel milik ponsel pintar ini, lagi-lagi, berada setingkat di atas produk lain sekelasnya.

Performa kamera cukup gesit, hampir tidak ada shutter lag yang bisa dirasakan antara penekanan tombol shutter dengan pengambilan gambar. Hasilnya pun terbilang bagus, termasuk dalam kondisi low-light dimana algoritma noise reduction Redmi 1S berhasil mengurangi noise tanpa menghancurkan terlalu banyak detail.

Metering kamera cukup akurat, meski setting default (center weight) berperilaku sedikit mirip spot metering dengan terlalu condong pada area fokus. Akibatnya, apabila obyek fokus berwarna lebih gelap dari keseluruhan area frame, maka hasil akhirnya cenderung mengalami over exposure, demikian juga sebaliknya kalau obyek fokus berwarna lebih terang.

oik yusuf/ kompas.com
Tampilan aplikasi kamera Redmi 1S (kiri), dan proses scanning QR Code, langsung dari dalam aplikasi

Redmi 1S juga menyediakan pilihan metering lain, yaitu evaluative dan spot. Parameter pengaturan lain yang tersedia mencakup setting exposure compensation (per 1/2 stop), beberapa preset white balance, ISO, HDR, panorama, serta sejumlah efek dan scene mode.

Dalam kondisi outdoor, gambar yang dihasilkan cenderung memiliki kontras dan saturasi yang tinggi sehingga kadang warna-warna tampak terlalu pekat. Namun, Redmi 1S ternyata masih cukup mampu menangkap area shadows dan highlights tanpa mengorbankan salah satunya, bahkan di bawah terik matahari Jakarta pada bulan-bulan ini sekalipun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika berpindah ke dalam ruangan, kontras, dan saturasi sedikit berkurang, namun warna-warna tidak sampai terlihat pudar atau washed out. Beberapa contoh tangkapan gambar Redmi 1S bisa dilihat di bawah.

oik yusuf/ kompas.com Contoh hasil tangkapan kamera Redmi 1S dalam kondisi outdoor
oik yusuf/ kompas.com Contoh hasil tangkapan gambar Redmi 1S salam kondisi outdoor
oik yusuf/ kompas.com Contoh kasil tangkapan gambar Redmi 1S dalam kondisi indoor
oik yusuf/ kompas.com Contoh hasil tangkapan gambar Redmi 1S dalam kondisi indoor

Kamera Redmi 1S menyediakan mode fokus makro untuk pemotretan jarak dekat. Akan tetapi, jarak fokus minimal relatif tak berubah (lebih kurang 5 cm dari lensa) ketika mode ini diaktifkan.

Lensa pada kamera Redmi 1S sendiri merupakan jenis wide-angle dengan cakupan setara 28 mm (ekuivalen full-frame) dengan bukaan f/2.2.

Satu fitur pada aplikasi kamera Redmi 1S yang jarang ditemui pada smartphone lain adalah QR code scanner built-in. Pengguna ponsel ini bisa langsung memindai QR code tanpa perlu menjalankan aplikasi pihak ketiga. Praktis bukan?

Sayang ada masalah yang sedikit mengganjal. Mungkin lantaran prosesor yang bekerja di luar “batas normal” tersebut, bagian punggung Redmi 1S lekas terasa panas apabila kamera digunakan selama beberapa waktu, terutama di bawah matahari siang.

Kalau sudah begitu, aplikasi kamera akan berjalan tersendat dan tidak merespon input dari pengguna, hingga kemudian ponsel akan meminta restart sebelum bisa menjalankan kamera kembali.

Kekurangan adalah tidak adanya opsi penyimpanan gambar di micro-SD card sehingga pengguna terpaksa mengandalkan kapasitas memori penyimpanan internal (sebelum memindahkan foto secara manual ke external storage).

Anehnya, aplikasi kamera pihak ketiga seperti Camera 360 masih bisa mengakses dan menyimpan gambar di kartu memori micro-SD yang terpasang pada Redmi 1S.

Masalah tersebut kabarnya sudah diatasi XIaomi pada update firmware Redmi 1S JHCMIBF37.0. Namun, update itu baru tersedia dalam versi "global", belum disalurkan secara resmi untuk pengguna di Indonesia.

Juara baru di kelas bawah

Spesifikasi hardware yang disodorkan Xiaomi Redmi 1S dengan banderol Rp 1,5 juta tak urung membuat banyak orang menjadi tergiur.

Aneka komponen smartphone ini, mulai dari layar, prosesor, hingga kamera terbilang lebih baik daripada produk sekelasnya. Di titik harga itu, boleh dibilang belum ada ponsel lain yang bisa memberikan spesifikasi sebanding. Inilah yang menjadi daya tarik utama dari Redmi 1S.

Antarmuka launcher MIUI yang ringan, enak dipandang, dan praktis adalah pemanis yang makin menguatkan posisi Redmi 1S sebagai pendatang baru.

Smartphone kompetitor yang paling mendekati adalah Moto G dari Motorola, namun ponsel ini dibanderol lebih mahal (kisaran Rp 1,9 juta) dan memiliki kamera yang inferior.

Tentu, Redmi 1S pun memiliki beberapa kekurangan, seperti soft button yang tidak dilengkapi backlight, sistem operasi yang masih menggunakan Android 4.3 Jelly Bean, serta permasalahan kamera yang cepat panas dan tidak bisa menyimpan foto pada micro-SD (sebelum update firmware JHCMIBF37.0).

Masalah yang disebut terakhir itu mungkin bisa diatasi dengan update firmware, namun untuk sekarang masih menjadi batu ganjalan yang sedikit mengganggu.

oik yusuf/ kompas.com

Terlepas dari masalah-masalah di atas, kekurangan terbesar Xiaomi Redmi 1S mungkin justru terletak pada ketersediaannya karena ponsel ini hanya dijual online secara eksklusif melalui salah satu layanan e-commerce di Indonesia.

Redmi 1S yang mulai dijual pada 4 September lalu selalu habis diborong pembeli, setiap kali toko online bersangkutan meenggelar sesi penjualan.

Akibat hal yang sering dikritik sebagai strategi “hunger marketing” dari Xiaomi ini, banyak peminat yang harus gigit jari dan terpaksa menelan kecewa karena tak bisa memperoleh Redmi 1S meski sudah capek-capek mengantre secara online.

Di sisi lain, segelintir orang yang berhasil menjadi pemiliknya boleh berpuas diri. Inilah sang juara baru di kelas bawah.

 Xiaomi Redmi 1S

Kelebihan:
+ Spesifikasi mumpuni untuk kelasnya
+ Harga menarik
+ Layar IPS HD dengan tampilan tajam
+ Kamera Berkualitas
+ Antarmuka MIUI 5 praktis dan berguna

Kekurangan:
- Masih menggunakan OS Android Jelly Bean 4.3
- Softbutton tidak dilengkapi backlight
- Kamera tidak bisa menyimpan gambar pada micro-SD sebelum update firmware
- Cepat panas ketika menjalankan aplikasi berat seperti kamera
- Hanya tersedia secara online

Nama Resmi Xiaomi Redmi 1S
Faktor Bentuk Full-touchscreen
Bentang dan Jenis Layar 4,7 inci, 1280x720 (312ppi) IPS LCD
Dimensi Fisik 137 x 69 x 9.9 mm
Berat 158 gram
Prosesor Qualcomm Snapdragon 400, quad-core Cortex A7 1,6 GHz, Adreno 305
RAM 1 GB
Media Penyimpanan Internal 8 GB
Slot micro-SD Ya, hingga 32 GB
Kamera Utama 8 Megapixel dengan LED flash
Kamera Depan 1,6 Megapixel
Kapasitas Baterai 2.000 mAh
Jaringan Seluler GSM 900 MHz / 1800 MHz / 1900 MHz, HSDPA 1900 MHz/ 2100 MHz
Konektor USB Micro USB
GPS Ya, dengan dukungan A-GPS
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, jack audio 3,5 mm
Fitur lain Accelerometer, Proximity Sensor, Gyro Sensor, Kompas
Sistem Operasi Android 4.3 Jelly Bean, MIUI 5



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.