Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Xiaomi Redmi 1S: Kinerja Hebat, Harga Bersahabat

Kompas.com - 17/09/2014, 10:59 WIB
Oik Yusuf

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun yang lalu nama Xiaomi belum banyak terdengar. Tapi kini pabrikan asal Tiongkok itu sudah menjelma menjadi kekuatan baru yang patut diwaspadai oleh para pemain lain di industri gadget mobile, hanya dalam waktu empat tahun setelah didirikan pada 2010.

Xiaomi belakangan giat melakukan ekspansi ke luar rumahnya rumahnya sendiri di Negeri Tirai Bambu. Produsen itu pun pada akhir Agustus lalu resmi memasuki pasaran Indonesia dengan melempar produk perdana bernama Redmi 1S.

Redmi 1S yang juga dikenal dengan nama Hongmi (“beras merah”) 1S di Tiongkok merupakan tawaran smartphone Android entry-level Xiaomi yang meneruskan tongkat estafet dari pendahulunya, Redmi. Xiaomi menerapkan sejumlah perubahan pada Redmi 1S, termasuk mengganti prosesor menjadi Snapdragon 400 dan meningkatkan kapasitas media penyimpanan internal.

Di Indonesia,Redmi 1S dijual di kisaran Rp 1,5 juta, harga yang tergolong kompetitif untuk smartphone sekelasnya. Apa yang akan didapatkan oleh pembeli? Simak ulasan berikut ini.

Sederhana dan bersih

Tampilan fisik Xiaomi Redmi 1S tak jauh berbeda dari smartphone touchscreen candybar masa kini pada umumnya. Bagian muka didominasi layar berukuran 4,7 inci yang dikelilingi bingkai (bezel) berwarna hitam mengkilap.

Layar ini dilapis dengan kaca anti gores Dragontrail yang diklaim sama tahannya terhadap goresan dengan pelapis layar Gorilla Glass buatan Corning.

Sebuah kamera 1,6 megapiksel bertengger di atas layar, sebelah pojok kiri atas. Kamera ini bisa digunakan untuk video conferencing atau menjepret gambar selfie, meski kualitasnya tak selalu bisa diandalkan.

oik yusuf/ kompas.com
Tampilan sisi depan Redmi 1S

 

oik yusuf/ kompas.com
Sisi belakang memuat unit kamera, LED flash, dan lubang speaker. Adapula logo Xiaomi berwarna chrome di bagian bawah

Tombol fisik absen dari sisi depan sehingga perangkat ini tampak sederhana sekaligus “bersih”. Sebagai gantinya, terdapat tiga buah softbutton di bawah layar yang menjalankan fungsi home”, “back”, dan “menu”.

Lampu indikator diletakkan persis di bawah softbutton “home”, berbeda dengan penempatan pada smartphone lain yang biasanya mengambil sisi atas. Ketiga softbutton dengan label berwarna merah itu sendiri tidak dilengkapi dengan lampu backlight. Alhasil, dalam kondisi gelap, Redmi 1S menjadi sedikit sulit digunakan.

Tombol daya dan pengatur volume ditempatkan di sisi kanan perangkat seperti biasa, sementara sisi kiri tidak memuat tombol atau slot/konektor apapun sehingga menguatkan kesan “bersih” pada rancangan Redmi 1S. Dilihat dari sisi samping ini, Redmi 1S terlihat lumayan “gemuk” dengan ketebalan nyaris mencapai 1 cm.

oik yusuf/ kompas.com
Sisi samping kanan Redmi 1S

Port konektor jack audio 3,5 mm dan micro-USB untuk keperluan pengisian baterai dan transfer file masing-masing ditempatkan di sisi atas dan bawah perangkat.

Bentuk konektor micro-USB milik Redmi 1S mungkin memancing keheranan saat pertama kali dilihat karena berbentuk persegi panjang, bukan trapesium seperti yang umumnya terdapat pada smartphone lain.

Tapi jangan khawatir. Port tersebut sebenarnya adalah konektor micro-USB “Tipe A” yang juga kompatibel dengan konektor micro-USB “Tipe B” berbentuk trapesium, seperti yang biasanya dipakai oleh pengguna Tanah Air.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com