Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2014, 09:52 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
Ilustrasi aplikasi Health pada iPhone

KOMPAS.com — Update iOS 8 kini sudah bisa diunduh oleh para pengguna iPhone, iPad, dan iPod. Salah satu fitur yang banyak ditunggu dari sistem operasi mobile terbaru Apple ini adalah HealthKit, API baru yang memungkinkan aplikasi pihak ketiga mengolah data monitoring kesehatan pengguna.

Namun, sebagaimana dilansir oleh The Next Web, sesaat sebelum iOS 8 dirilis, Apple justru memutuskan untuk menarik sejumlah aplikasi yang memakai HealthKit dari toko App Store.

Aplikasi-aplikasi seperti MyFitnessPal dan Carrot Fit pun batal mengedarkan versi terbaru yang menyertakan dukungan HealthKit. Para pengembangnya kini sibuk mengerjakan versi lain yang tak terintegrasi dengan framework kesehatan tersebut.

Apa pasal? Rupanya Apple menemukan bug di HealthKit pada menit-menit terakhir menjelang rilis iOS 8.

"Kami menemukan bug yang membuat aplikasi HealthKit tidak bisa tersedia untuk iOS 8 sekarang. Kami sedang mengerjakan update perbaikan sehingga aplikasi HealthKit sudah bisa didapatkan pada akhir bulan ini," tulis juru bicara Apple dalam sebuah pernyataan.

Dengan HealthKit, aplikasi-aplikasi pihak ketiga sedianya bakal bisa mengakses database kesehatan pengguna di iOS 8 yang dikumpulkan oleh program Health. Ini termasuk catatan jumlah langkah, jarak yang ditempuh, kalori yang dibakar, dan lain-lain.

Jadwal penyaluran update iOS 8 sendiri tak terpengaruh oleh bug HealthKit. Pengguna gadget Apple sudah bisa mengunduh sistem operasi terbaru ini lewat menu Settings > General > Software Update.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.