Kompas.com - 18/09/2014, 15:48 WIB
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Ponsel pintar terbaru besutan Apple dilengkapi dengan sistem keamanan yang disebut kill switch, yang memungkinkan pemiliknya mengunci perangkat dan menghapus data apabila telepon pintar mereka dicuri.

Fitur "tombol pembunuh" itu akan menjadi standar dari iPhone 6 dan iPhone 6 Plus dan dapat dipasang pada model iPhone sebelumnya, mulai Rabu (17/9/2014), menurut pengumuman kantor Jaksa Agung New York, Eric Schneiderman.

Schneiderman bersama Jaksa Wilayah New York George Gascon telah lama bekerja untuk meyakinkan produsen perangkat memasang kill switch pada produk mereka.

"Ini adalah pengubah keadaan," kata Gascon seperti dilansir kantor berita Reuters. "Ini perkembangan yang akan mengubah perilaku di jalanan dan akhirnya membalikkan epidemi kekerasan."

Pengumuman itu menandai kehadiran pertama kill switch dalam opsi default pada iPhone.

Pada April, Apple menjadi satu dari 10 pembuat perangkat untuk menandatangani kesepakatan sukarela untuk membuat fitur keamanan di telepon pintar.

Tahun 2012, menurut kantor Schneiderman, sebanyak 1,6 juta orang Amerika menjadi korban kejahatan yang berkaitan dengan kepemilikan telepon pintar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANT
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.