Kompas.com - 19/09/2014, 12:30 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Sebanyak 2.100 pegawai dirumahkan oleh Microsoft pada Kamis (18/9/2014) sebagai bagian dari rencananya memberhentikan sejumlah 18.000 karyawan. Dari jumlah itu, sebanyak 747 orang merupakan pegawai Microsoft di negara bagian Washington, AS, sementara sisanya adalah karyawan dari seluruh dunia.

Nah, bagaimana dengan di Indonesia?

Saat dihubungi KompasTekno via telepon, Jumat (19/9/2014), Presiden Direktur Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengatakan belum mengetahui dengan pasti soal kabar itu.

Namun, ia juga mengatakan bahwa pihaknya tak terimbas gelombang PHK di Microsoft kali ini.

“Tidak, sama sekali tidak ada,” ujarnya singkat, menganggapi pertanyaan soal ada tidaknya pemberhentian karyawan di Microsoft Indonesia.

Andreas mengaku belum mengetahui detil informasi soal pemberhentian karyawan pada ronde kedua PHK besar-besaran di Microsoft tersebut.

Secara global, sebagian besar pegawai yang masuk dalam rencana pelangsingan perusahaan Microsoft berasal dari  Nokia, menyusul akusisi Microsoft atas divisi handset perusahaan itu. Jumlah mereka mencapai 12.500 orang, dari total rencana PHK 18.000 karyawan.

Hingga pertengahan Juli 2014, sebelum Microsoft mulai merumahkan karyawan, raksasa software itu memiliki 125.000 pegawai full-time. Sebanyak 25.000 di antaranya diboyong dari Nokia.

Dalam pernyataan resminya, jurubicara Microsoft mengatakan: "Pengurangan yang terjadi hari ini akan tersebar antara berbagai unit bisnis dan negara. Kami akan melanjutkan proses ini dengan cara yang penuh perhatian, dengan rasa hormat mendalam pada orang-orang yang terkena dampaknya dan pengakuan atas jasa-jasa mereka pada perusahaan. Kami akan memberikan pesangon pada semua karyawan yang terpengaruh."

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.