Kompas.com - 20/09/2014, 11:11 WIB
Jasmine Surkatty (paling kanan) usai dinobatkan sebagai pemenang kontes Popbabes di ajang Popcon 2014, Jakarta, Jumat (19/9/2014) oik yusuf/ kompas.comJasmine Surkatty (paling kanan) usai dinobatkan sebagai pemenang kontes Popbabes di ajang Popcon 2014, Jakarta, Jumat (19/9/2014)
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Jasmine Surkatty (paling kanan) usai dinobatkan sebagai pemenang kontes Popbabes di ajang Popcon 2014, Jakarta, Jumat (19/9/2014)

KOMPAS.com - “Sebutkan, dimana planet asal Chewbacca?” Pertanyaan itu terkesan janggal ketika ditanyakan kepada seorang cewek muda peserta “kontes ratu”. Bukannya bingung, yang ditanya malah dengan lantang menjawab “Tatooine!”, meski kemudian segera dikoreksi karena keliru. Mungkin ia terlalu bersemangat.

“Kontes ratu” bernama Popbabes yang diselenggarakan sebagai bagian dari festival popular culture tahunan Popcon Asia 2014 itu memang berbeda dari lomba sejenis pada umumnya. Alih-alih menimbang kecantikan fisik, peserta Popbabes dinilai dari kedalaman pengetahuannya terhadap hobi yang digeluti.

Dalam hal ini, hobi dimaksud meliputi hal-hal yang dikenal identik dengan dunia kaum Adam, seperti video game, komik, dan film.

Jasmine Surkatty, si peserta yang mendapat pertanyaan di atas, pun merupakan penggemar seri film Star Wars yang menjadi lakon tokoh bernama Chewbacca, seorang Wookie dari planet Kashyyyk.

Bersama dengan empat orang lainnya, yaitu Janine Intansari, Valencia Margarita, Hime Shinra, dan Suu Kirisaki, Jasmine menjadi finalis acara puncak kontes Popbabes yang digelar di arena Popcon Asia 2014, SMESCO Exhibition Hall, Jumat (19/9/2014). Usai melalui sesi perundingan, dewan juri menobatkan Jasmine sebagai pemenang.

Komikus

Jasmine sendiri merupakan tokoh di belakang “Komik Ga Jelas”, karya komik strip humor yang ditayangkan melalui sebuah laman Facebook. Goresan pena Jasmine sang komikus senantiasa menghibur para pengunjung laman yang telah mengoleksi ribuan “likes” tersebut.

“Dari SMA saya memang sudah suka menggambar,” kata perempuan berparas cantik yang berkuliah di jurusan desain Binus International School ini, ketika dijumpai seusai pengumuman pemenang Popbabes.

Di samping menekuni minatnya terhadap desain dan dunia ilustrasi, Jasmine ikut mengikuti berbagai komunitas penggemar hal-hal yang berbau popular culture, seperti Gothan Citizen Batman, dan Star Wars tadi.

Dia mengaku terinspirasi mengikuti Popbabes lantaran melihat bahwa perempuan kurang mendapat apresiasi di dunia pop culture yang didominasi kaum pria. Game, mainan, komik, film, dan lain sebagainya memang kerap dianggap sebagai hobi maskulin yang kurang cocok untuk perempuan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.