Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, iCloud Bikin Foto Sensual Bintang Hollywood Tersebar

Kompas.com - 22/09/2014, 09:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

 

KOMPAS.com - Sejumlah akun iCloud milik para selebritas Hollywood kembali diretas pada Sabtu (20/9/2014). Serangan tersebut menjadi kali yang kedua untuk platform layanan penyimpanan cloud milik Apple tersebut dalam kurun waktu kurang dari satu bulan.

Menurut laporan TMZ, pada Sabtu lalu beredar foto-foto sensual selebritas yang dicuri dari akun iCloud mereka masing-masing. Foto-foto itu beredar luas di situs 4chan dan Reddit sebelum akhirnya dihapus.

Bintang Holywood yang menjadi korban kali ini antara lain Kim Kardashian, Vanessa Hudgens, Hope Solo, dan Jennifer Lawrence.

Belum pasti bagaimana cara peretas kembali membobol akun iCloud tersebut. Besar kemungkinannya mereka menggunakan bahasa pemrograman (script) Python yang sebelumnya telah beredar di situs Github.

Script tersebut dipakai untuk melancarkan serangan "brute force" suatu akun dengan cara menebak berkali-kali kata sandi yang digunakan hingga cocok.

Apple sebelumnya telah membuat tindakan pencegahan dengan mewajibkan penggunanya melakukan verifikasi dua tahap dan mencegah kata sandi yang dimasukkan berulang-ulang kali.

Walau demikian, langkah Apple tersebut nampaknya belum cukup untuk melindungi pengguna layanan iCloud miliknya.

Di serangan pertama pada awal September ini, Apple mengatakan bahwa serangan tersebut tidak menyasar langsung server iCloud, namun backup yang disimpan di server lain.

Belum ada tanggapan resmi dari Apple tentang serangan kedua layanan iCloud miliknya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com