Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Saham Alibaba Pecahkan Rekor Twitter

Kompas.com - 23/09/2014, 08:56 WIB
Raksasa internet Cina, Alibaba, memgumpulkan 25 miliar dollar AS lewat penjualan saham perdananya atau IPO, dan merupakan nilai terbesar sepanjang sejarah IPO.

Hari Jumat (19/9), permintaan dari para investor mengangkat harga saham Alibaba menjadi 92,70 dollar AS atau naik 38 persen dari harga awal.

Nilai yang dikumpulkan Alibaba lewat IPO lebih tinggi dari penjualan saham perdana China Agricultur Bank pada tahun 2010 sebesar 22,1 miliar dollar AS

Namun dalam perdagangan awal saat pasar buka di Bursa Wall Street New York, Amerika Serikat, Senin 22 September, harga saham Alibaba turun 4 persen menjadi 90,04 dollar AS.

Dalam penjualan perdana Jumat, jumlah saham Alibaba yang terjual dalam menit-menit pertama memecahkan rekor yang dicapai Twitter sebelumnya.

Saat ini nilai total Alibaba diperkirakan mencapai 223 miliar dollar AS, lebih tinggi dari Facebook, Amazon, dan eBay.

Alibaba, yang menguasai 80 persen pangsa pasar penjual ritel online di Cina, menangani transaksi lebih banyak dibanding gabungan Amazon dan eBay.

Didirikan 15 tahun lalu oleh Jack Ma, seorang mantan guru, Alibaba antara lain membantu menghubungkan para eksportir di Cina dengan perusahaan di sekitar 190 negara di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com