Kesan Pertama Menjajal Sony Xperia Z3

Kompas.com - 23/09/2014, 16:50 WIB
Sony
Sony Xperia Z3.
KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan di ajang IFA, Berlin di awal bulan September, Sony akhirnya menghadirkan generasi baru lini smartphone premiumnya, Xperia Z3 untuk pasar Asia Pasifik.

Dalam acara peluncuran yang diselenggarakan di Sands Expo and Convention Centre, Singapura, Selasa (16/9/2014), KompasTekno berkesempatan menjajal langsung perangkat
penerus Xperia Z2 tersebut. Berikut adalah kesan-kesan saat mengoperasikan Xperia Z3.

Dimensi: Serupa tapi tak sama

Pertama melihat tampilan Sony Xperia Z3, sulit untuk mencari perbedaannya dari perangkat sebelumnya, Xperia Z2. Memang, Sony sengaja mengusung desain dan ukuran yang serupa dalam lini smartphone premium barunya ini, sama-sama dengan ukuran layar 5,2 inci.

Reska K. Nistanto/KOMPAS.com
Smartphone Android terbaru besutan Sony, Xperia Z3 dalam genggaman

Desain smartphone kotak khas Xperia dipertahankan dengan bingkai layar bagian atas dan bawah memiliki ruang yang lebih lebar. Namun, Sony semakin mempertipis bingkai bagian samping Xperia Z3.

Untuk ukuran perangkat, Xperia Z3 memiliki dimensi yang serupa dengan pendahulunya, namun kali ini Sony membuat Xperia Z3 memiliki dimensi lebih tipis, yaitu dengan tebal hanya 7,3 mm
saja.

Bobotnya juga telah direduksi menjadi hanya 152 gram, atau 11 gram lebih ringan dari Xperia Z2.

Tak banyak yang tahu, bahwa Sony mendesain sudut-sudut smartphone Xperia Z3-nya dengan materi yang lebih keras. Sudut-sudut yang agak membulat itu sengaja dibuat dengan materi yang lebih keras untuk menjaga smartphone dari benturan.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Sudut-sudut smartphone Sony Xperia Z3 dibuat dari materi yang lebih keras untuk meredam benturan. Terlihat juga jack audio 3,5 mm yang terdapat di sisi atas smartphone sebelah kiri.

Tombol dan fitur

Tak berbeda dari lini Xperia dan smartphone Sony pada umumnya, tombol-tombol yang dipasang di Xperia Z3 juga serupa dalam hal tata letak.

Di bagian samping kanan pengguna akna menjumpai tombol lock screen beserta tombol kontrol volume yang berada di bawahnya. Di sebelah atas tombol lock screen yang juga berfungsi sebagai tombol daya itu (jika ditekan lama), terdapat slot kartu SIM dan penyimpanan microSD.

Di bagian bawah, Sony menyediakan tombol fisik pintas (shortcut) mengakses fungsi kamera dalam smartphone. Tombol tersebut juga sekaligus bisa dijadikan sebagai tombol shutter kamera.

Reska K. Nistanto/KompasTekno
Bagian sisi kanan Sony Xperia Z3 yang menampung slot kartu SIM dan microSD, beserta deretan tombol daya (lock screen), volume, serta tombol pintas untuk kamera di bagian paling ujung.

Sementara di sisi seberangnya, sebelah kiri, terdapat port charger microUSB di bagian atas, konektor magnetic charger di bagian tengah dan di bawahnya terdapat lubang untuk memasang aksesori tali untuk smartphone.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X