Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2014, 20:35 WIB
Oik Yusuf

Penulis

LONDON, KOMPAS.com — Pertama kali diperkenalkan pada Juni lalu, ponsel andalan terbaru BlackBerry, Passport, resmi meluncur lewat sebuah acara di London, Inggris, pada Rabu (24/9/2014) ini.

BlackBerry Passport adalah produk smartphone yang menggabungkan antarmuka layar sentuh dan keyboard fisik QWERTY tiga baris. Layarnya yang selebar 4,5 inci berbentuk persegi (aspect ratio 1:1) dengan resolusi 1440 x 1440.

"Kami sengaja membedakan BlackBerry Passport dari smartphone lain yang semuanya tampak persegi panjang. Perangkat ini ditujukan untuk profesional mobile," kata Marty Beard, COO BlackBerry, di panggung acara peluncuran yang dihadiri wartawan KompasTekno, Oik Yusuf.

Layar "kotak" Passport memang terlihat tampak unik di antara ponsel-ponsel touchscreen masa kini yang mengusung aspek rasio "persegi panjang" 16:9.

BlackBerry
BlackBerry Passport (tengah) di tengah ponsel lain yang memiliki bentuk layar persegi panjang
Mengapa Passport menggunakan layar berbentuk persegi? Menurut BlackBerry, hal ini bertujuan memberi area lebih luas bagi pengguna, baik secara vertikal maupun horizontal, dibanding ponsel lain.

Meski lebar, pihak BlackBerry mengatakan, sesuai dengan namanya, ukuran BlackBerry Passport sama dengan buku paspor biasa sehingga masih bisa muat dengan mudah di kantong baju atau celana, yang memang dirancang untuk mengakomodasi buku paspor.

Passport turut dilengkapi fitur keyboard touch sensitive yang bisa menerima input layaknya layar sentuh. Pengguna, misalnya, bisa melakukan scrolling dengan menyapu jari ke atas atau ke bawah di deretan tombol papan ketik.

Jeroan BlackBerry Passport mencakup prosesor quad-core Snapdragon 800‎, RAM 3 GB, kapasitas media internal 32 GB, kamera utama 13 megapixel, dan dukungan kartu micro-SD hingga 64 GB.

BlackBerry Passport dipastikan masuk ke Indonesia, tetapi tanggal kehadiran dan banderol harganya di pasaran Tanah Air masih belum diungkapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com