Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Hasil Foto iPhone 6 dan 7 iPhone Lama

Kompas.com - 25/09/2014, 15:19 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Dari tahun ke tahun, Apple semakin memperkuat teknologi kamera dalam smartphone unggulannya, iPhone.

Banyak perubahan yang diberikan Apple dalam kamera iPhone semenjak smartphone tersebut diperkenalkan tujuh tahun lalu.

Contohnya di iPhone 4S, 5, dan 6, walau sama-sama mengusung sensor resolusi 8 megapixel, namun fitur dan kemampuannya telah ditingkatkan, seperti lebih cepat memotret, fokus lebih gampang, serta detil lebih tinggi serta kemampuan dalam pemotretan mimim cahaya yang lebih baik.

Situs fotografi Snapsnapsnap telah membuat perbandingan hasil foto iPhone 6 dan tujuh model iPhone generasi sebelumnya yang pernah dibuat oleh Apple dalam berbagai mode pemotretan dengan aplikasi Camera+.

Berikut adalah perbandingannya, (dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6).

Untuk melihat hasil jepretan foto dalam resolusi tinggi, kunjungi artikelnya di Snapsnapsnap atau langsung dari tautan ini.

Snapsnapsnap.photos
Perbandingan hasil foto macro iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6

Foto Macro

Foto jarak dekat, atau disebut macro, mengambil obyek buah strawberry di dalam mangkuk. Foto tersebut diambil di luar ruangan dengan cahaya alami, dalam kondisi cuaca yang berawan.

Dalam hasil pemotretan tersebut, terlihat bahwa iPhone generasi pertama dan model 3G nampak kesulitan mengunci fokus. Hasilnya adalah gambar yang lebih blur.

Detil dan ketajaman semakin meningkat seiring dengan pembaruan yang dilakukan Apple, mulai dari model iPhone 4, 4S, dan seterusnya.

Foto yang diambil dengan iPhone 6 (paling kanan) nampak memiliki detil yang lebih tinggi dibanidng yang lainnya

Snapsnapsnap.photos
Perbandingan hasil foto backlit iPhone, dari kiri ke kanan: iPhone generasi pertama, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4S, iPhone 5, iPhone 5S, iPhone 6.

Backlit

Backlit seringkali menjadi hambatan bagi fotografi, apalagi dengan menggunakan smartphone. Namun, teknik memotret dengan sumber cahaya yang berada di belakang obyek ini juga bisa dimaksimalkan sehingga terlihat lebih artistik.

Uji foto backlit menunjukkan peningkatan kemampuan kamera iPhone dalam hal menangani situasi cahaya kontras dan efek flare (bocoran cahaya) dari lensa.

iPhone 4 memiliki kendala yang disebut red dot lens flare. Gambar terlihat kemerahan saat efek flare terjadi. Suka atau tidak, efek itu bisa dijadikan sebagai tool kreatif untuk membuat foto.

Detil dan kontras wajah obyek foto terlihat semakin membaik di seri iPhone 5 dan 5S. Detil dan kontras kemudian terlihat semakin seimbang dalam iPhone 6.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com