Menggunakan “Keyboard Sentuh” di BlackBerry Passport

Kompas.com - 28/09/2014, 16:25 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - BlackBerry mencoba tampil beda dengan Passport. Smartphone unggulan yang baru saja resmi meluncur ini memiliki bentuk “kotak” sehingga terlihat tidak biasa.

Di bawah layar persegi berukuran 4,5 inci terdapat deretan tombol papan ketik QWERTY. Keyboard yang mendukung input sentuhan layaknya touchscreen ini adalah salah satu fitur unik yang diunggulkan oleh BlackBerry Passport.

Pengguna misalnya, bisa melakukan scrolling laman dokumen atau situs internet dengan cara menyapukan jari ke atas dan ke bawah -juga samping kanan dan kiri- di deretan tombol.

Proses seleksi teks pun bisa dilakukan lewat keyboard. Cukup mengetuk (tap) sebanyak dua kali untuk memunculkan pointer, kemudian menyeleksi teks dengan gerakan yang sama seperti scrolling.

Direktur Handheld Software BlackBerry Michael Clewley menyebutkan bahwa kemampuan itu mampu memudahkan kalangan bisnis yang menjadi target pasar Passport dalam bekerja dengan smartphone.

“Tak ada keyboard lain yang kemampuannya bisa mendekati,”  kata Clewley dalam acara peluncuran BlackBerry passport di London, Inggris, Rabu (24/9/2014).

Clewly juga mengklaim bahwa tombol-tombol keyboard BlackBerry Passport yang berukuran besar dan lebar untuk ukuran smartphone mampu mengurangi kesalahan ketik.

“Menurut percobaan kami, tingkat typo error yang dihasilkan hingga 75 persen lebih sedikit dibanding ponsel touchscreen BlackBerry,” sebut dia lagi.

Nah, seperti apa kemampuan keyboard BlackBerry Passport? Simak aksinya dalam tayangan video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.