Kompas.com - 29/09/2014, 09:51 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

LONDON, KOMPAS.com - Dengan layar 4,5 inci berbentuk persegi dan deretan keyboard QWERTY, BlackBerry Passport terlihat berbeda di tengah smartphone touchscreen masa kini yang rata-rata mengusung rupa seragam.

Bentuk "aneh" Passport yang terlihat melebar itu tak tercetus begitu saja. Vice President Global Product Management BlackBerry, Francois Mahieu berkisah bahwa kemunculan Passport didasari kebutuhan BlackBerry menelurkan produk flagship yang powerful dan ikonik.

Produk tersebut harus bisa mengakomodir kebutuhan kalangan bisnis dan profesional yang menjadi sasaran BlackBerry.

oik yusuf/ kompas.coVice President Global Product Management BlackBerry Francois Mahieu

“Kami berpikir, kira-kira bentuk seperti apa yang familiar dengan pebisnis?” ujar Mahieu saat berbincang dengan Kompas Tekno usai acara peluncuran BlackBerry Passport di London, Inggris, Rabu (24/9/2014).

“Lalu kami menemukannya. Kalau Anda pebisnis, pasti Anda senantiasa membawa buku paspor untuk bepergian… Sesuatu yang senantiasa Anda bawa seperti buku paspor, itulah asosiasi yang ingin kami tekankan,” tambah Mahieu.

Jadilah BlackBerry Passport dirancang agar memiliki rupa dan ukuran persis buku paspor. Layar perangkat ini sengaja dibuat berbentuk “kotak” (aspect ratio 1:1) karena dinilai sesuai untuk bekerja.

“Bentuk apa yang paling cocok untuk profesional? Kami menemukan bahwa jawabannya adalah persegi. Bentuk ini ideal untuk membaca dokumen, semisal spreadsheet, bahkan juga untuk melihat tweet,” kata COO BlackBerry Marty Beard.

Ingin beda

Dibandingkan ponsel layar sentuh berbentuk persegi panjang, BlackBerry mengklaim bahwa layar kotak milik Passport lebih sesuai untuk menampilkan teks dan data pekerjaan, seperti dalam e-mail maupun bentuk dokumen lain.

Ini karena Passport mampu menampilkan 60 karakter dalam satu baris teks, mendekati standar industri cetak yang dipatok di angka 66 karakter per baris untuk kenyamanan membaca. Sebaliknya, ponsel touchscreen macam iPhone dan Samsung Galaxy disebut hanya bisa menampilkan sekitar 30 karakter per baris. 

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.