Mencoba iPhone 6 Plus di Jakarta - Kompas.com

Mencoba iPhone 6 Plus di Jakarta

Kompas.com - 30/09/2014, 10:55 WIB
oik yusuf/ kompas.com
Apple iPhone 6 Plus di kantor Kompas.com
KOMPAS.com - Melalui dua model iPhone baru, Apple akhirnya "menyerah" pada kemauan pengguna yang menghendaki smartphone dengan layar lebar. Baik iPhone 6 maupun iPhone 6 Plus mengusung bentang layar yang lebih lebar dari model-model terdahulu.

Dari keduanya, iPhone 6 Plus merupakan model dengan ukuran fisik paling besar. Bentang layarnya mencapai 5,5 inci sehingga lebih mirip phablet yang dipelopori seri Galaxy Note dari Samsung ketimbang iPhone tradisional.

Belum diketahui kapan iPhone 6 Plus akan mendarat di Indonesia, namun Kompas.com berkesempatan menjajal satu unit dari salah satu negara yang menjadi lokasi rilis perdana ponsel tersebut.

Nah, seperti apa layar besar iPhone 6 Plus dan bagaimana perbandingannya dengan iPhone model lama? Simak rangkaian foto berikut ini.

oik yusuf/ kompas.com iPhone 6 Plus merupakan smartphone pertama dari Apple yang mengusung ukuran layar 5,5 inci. Dalam genggaman, ponsel ini lebih terasa seperti phablet Android ketimbang iPhone tradisional karena ukurannya yang besar dan sisi-sisi pinggiran yang membulat.
oik yusuf/ kompas.com Bagian belakang iPhone 6 Plus terbuat dari anodized aluminium seperti biasa. Di sini bertengger unit kamera 8 megapixel yang dilengkapi optical image stabilizer.
oik yusuf/ kompas.com
Karena ukuran bongsornya itu, tombol daya iPhone 6 terpaksa direlokasi ke sisi samping kanan agar mudah diraih, ketimbang di atas seperti iPhone terdahulu.
oik yusuf/ kompas.com
Meski lebar, tubuh iPhone 6 Plus termasuk langsing dengan ketebalan hanya 7,1 mm. Sisi samping kiri ini memuat dua tombol pengatur volume dan tombol mute.
oik yusuf/ kompas.com
Di bagian bawah iPhone 6 Plus pengguna bisa menemukan port Lightning berikut jack audio 3,5 mm, mikrofon, dan grill speaker, sementara sisi atasnya tak memuat tombol atau konektor apapun.
oik yusuf/ kompas.com
Ukuran iPhone 6 Plus baru terlihat sangat besar ketika dibandingkan dengan model terdahulu, seperti iPhone 5 dalam foto ini yang memiliki bentang layar hanya 4 inci.
oik yusuf/ kompas.com
Dilihat dari belakang, iPhone 6 Plus terlihat seperti iPhone lawas yang melar. Ukuran logo buah Apel pada iPhone 6 Plus tetap sama dengan logo serupa pada model ponsel terdahulu, meski ukuran smartphone secara keseluruhan jauh bertambah.
oik yusuf/ kompas.com Apple mengatakan bahwa iPhone 6 Plus memberikan jumlah pixel hingga 185 persen lebih banyak dibandingkan iPhone 5/ 5S. Dari sudut ini, perbedaan luas area layar keduanya sangat jelas terlihat.
oik yusuf/ kompas.com
Ukuran lebih besar turut berimbas pada tampilan yang lebih besar juga, termasuk tampilan teks dan elemen-elemen gambar pada saat browsing. Ini membuat iPhone 6 Plus lebih nyaman dipakai menikmati konten ketimbang para pendahulunya.
oik yusuf/ kompas.com
Area layar iPhone 6 Plus yang luas juga dimanfaatkan Apple untuk menambah sejumlah tombol ekstra pada virtual keyboard ponsel ini ketika digunakan dalam orientasi landscape.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisOik Yusuf
EditorWicak Hidayat

Close Ads X