Lenovo Siap Resmikan Pembelian Bisnis Server IBM

Kompas.com - 01/10/2014, 11:37 WIB
Ilustrasi data center ShutterstockIlustrasi data center
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Lenovo telah mengakuisisi bisnis komputer server low-end IBM x86 pada Januari lalu. Kini, proses akuisisi dengan nilai 2,3 juta dollar AS itu diharapkan akan selesai pada minggu ini.

Menurut Reuters (29/9/2014), transaksi akuisisi Lenovo terhadap IBM senilai 2,1 juta dollar AS tersebut akan diselesaikan pada Rabu (1/10/2014) minggu ini.

Nilai pembelian tersebut turun dari kesepakatan harga awal yaitu 2,3 juta dollar AS pada Januari lalu karena berubahnya valuasi inventaris yang dimiliki IBM serta taksiran keuntungan yang didapat.

Dari transaksi tersebut, 1,8 juta dollar AS akan dibayarkan secara tunai oleh Lenovo kepada BM, sementara sisanya berupa saham.

Menurut Chief Executive Lenovo, Yang Yuangqing, akusiis terhadap IBM ini membuka mesin pertumbuhan baru bagi perusahaan.

"Di segmen perusahaan menengah dan besar, server IBM bisa kami pakai untuk bersaing dengan HP dan Dell, kita bisa mengombinasikannya dengan operasi Lenovo yang efisien," ujar Yang.

Yang menargetkan dalam tahun pertamanya ini, server x86 IBM bisa memberikan pemasukan sebesar 5 juta Dollar AS, sehingga bisa mendongkrak margin bisnis PC Lenovo sebesar 4 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Negosiasi antara IBM dan Lenovo sempat berjalan alot. Sebelumnya, di tahun 2013, rencana akuisisi IBM oleh Lenovo sempat gagal karena saat itu IBM mengajukan penawaran harga yang dianggap terlalu tinggi oleh Lenovo, yaitu 6 miliar dollar AS.

Kesepakatan antara IBM dan Lenovo ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Lenovo juga telah mengakusisi bisnis PC ThinkPad milik IBM pada tahun 2005 senilai 1,75 miliar dollar AS. Di bawah Lenovo, ThinkPad kemudian menjadi pemimpin pasar PC di tahun 2012.

Awal tahun ini, Lenovo juga mengatakan berencana membidik unit smartphone Motorola yang dimiliki Google, dengan iming-iming mahar 2,9 juta Dollar AS.



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.