Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Kamera di Samsung Galaxy K Zoom

Kompas.com - 02/10/2014, 14:30 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Dari belakang, Samsung Galaxy K Zoom terlihat mirip kamera saku digital dengan rangkaian lensa dan flash xenon miliknya

KOMPAS.com - Seri ponsel Galaxy dengan embel-embel "Zoom" dari Samsung menawarkan sesuatu yang tak ditemui pada ponsel lain, yaitu kamera dengan lensa zoom.

Smartphone masa kini pada umumnya memang mengusung kamera dengan lensa fixed alias terpaku pada focal length tertentu saja, misalnya 28mm atau 35mm (setara full-frame).

Kebanyakan model ponsel turut menawarkan "zoom digital", untuk menyempitkan bidang pandang sehingga seolah-olah menyerupai aksi zoom-in pada lensa tele.

Akan tetapi metode ini mengurangi resolusi dan kualitas gambar karena sama saja dengan melakukan cropping pada software olah digital. Akibatnya, hanya kamera ponsel dengan resolusi sangat tinggi saja yang bisa melakukan digital zoom tanpa penurunan kualitas berarti.

oik yusuf/ kompas.com
Rangkaian lensa zoom Galaxy K Zoom menyembul keluar tubuh ponsel ketika kamera diaktifkan, menggunakan mekanisme yang mirip dengan kamera saku digital. Di sini tampak ukuran lensa ketika disetel pada posisi focal length terlebar (24mm setara full-frame). Tampak pula tombol shutter yang terletak di sebelah kanan.
oik yusuf/ kompas.com
Lensa Galaxy K Zoom sedikit memanjang lebih jauh ketika disetel pada posisi focal length terjauh (240mm setara full-frame). Begitu kamera dimatikan, rangkaian lensa bisa ditampung sepenuhnya di dalam tubuh ponsel.

Melalui seri "Galaxy Zoom", Samsung mengambil pendekatan berbeda dengan menaruh lensa zoom "sungguhan" pada ponsel.

Lensa milik Galaxy K Zoom di sini benar-benar memiliki kemampuan untuk mengubah focal length, dari wide menjadi tele, dan sebaliknya.

Metode yang disebut sebagai zoom optis karena sungguh berasal dari kapabilitas lensa ini menawarkan aksi zoom in dan zoom out sambil tetap mempertahankan resolusi foto K Zoom yang sebesar 20 megapixel.

oik yusuf/ kompas.com
Cover belakang Galaxy K Zoom bisa dilepas untuk mengakses baterai

Jangkauan focal length lensa Galaxy K Zoom pun terbilang cukup luas, yakni 24-240mm (setara full-frame) atau dengan kata lain memiliki rentang 10x. Lensa ini memiliki bukaan variabel dengan angka maksimal f/3.1-6.3.

Tentu, ada harga yang harus dibayar untuk mendapat kemampuan zoom optis layaknya kamera saku itu. Tubuh Galaxy K Zoom terbilang lebih tebal dibandingkan ponsel lain pada umumnya karena harus menampung seluruh rangkaian lensa.

Namun Samsung berhasil menciutkan ukuran lensa pada Galaxy K Zoom sehingga menjadi lebih ringkas dibandingkan pendahulunya, Galaxy S4 Zoom. Ponsel ini pun dapat dengan mudah diselipkan di kantung baju atau celana meski masih sedikit menonjol karena ketebalannya mencapai 2cm.

oik yusuf/ kompas.com
Tampilan aplikasi kamera Galaxy K Zoom sama dengan ponsel Android lainnya dari Samsung

Layaknya ponsel, navigasi seluruhnya dilakukan melalui layar sentuh Super AMOLED Galaxy K Zoom yang memiliki bentang 4,8 inci (12
80x720).

Sistem operasi yang digunakan adalah Android 4.4.2 Kitkat dibalut antarmuka TouchWiz sehingga proses navigasi Galaxy K Zoom sama persis dengan smartphone Android lainnya dari Samsung.

Hanya saja, kamera Galaxy K Zoom mendapat penekanan khusus karena merupakan poin keunggulan utama dari perangkat ini. Samsung, misalnya, menempatkan tombol shutter pada sisi kanan bawah Galaxy K Zoom.

Tombol yang terjangkau dengan natural oleh jari telunjuk kanan pengguna ketika ponsel dipegang dalam posisi landscape untuk memotret ini berfungsi untuk mengambil gambar ketika ditekan. Tombol ini pun akan melakukan autofokus ketika ditekan setengah (half-press) seperti pada kamera digital.

oik yusuf/ kompas.com
Aplikasi kamera K Zoom menyediakan beragam pilihan mode otomatis yang juga bisa ditemukan pada ponsel Android lain dari Samsung
oik yusuf/ kompas.com
Selain itu, Galaxy K Zoom turut menyediakan opsi pengaturan parameter shooting secara manual lewat model Manual dan Program

Aplikasi kamera Galaxy K Zoom bisa langsung diakses lewat shortcut pada lockscreen, atau melalui icon pada homescreen seperti biasa. Antarmukanya terlihat persis dengan aplikasi kamera di ponsel Samsung lain.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com