Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia 10 Negara dengan Internet Terkencang

Kompas.com - 03/10/2014, 08:40 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi.

KOMPAS.com — Akamai Technologies Inc kembali merilis laporan State of the Internet untuk edisi kuartal II 2014. Dalam periode ini, lembaga penyedia layanan cloud tersebut mencatat kenaikan kecepatan rata-rata akses internet di seluruh dunia sebesar 21 persen dibanding kuartal sebelumnya, yakni dari 3,9 Mbps menjadi 4,6 Mbps.

Kenaikan itu untuk pertama kalinya menempatkan kecepatan rata-rata akses internet dunia di atas ambang batas 4 Mbps yang dikategorikan Akamai sebagai akses internet "broadband".

Kecepatan akses di masing-masing negara yang masuk dalam daftar 10 negara dengan "internet terkencang" tercatat turut mengalami kenaikan. Peningkatan terbesar dialami oleh Hongkong yang mencatat angka kecepatan rata-rata akses internet sebesar 18 persen.

Korea Selatan menunjukkan peningkatan yang lebih kecil, sekitar 4 persen, tetapi negara ini masih duduk di urutan teratas akses internet terkencang dengan angka rata-rata sebesar 24,6 Mbps, jauh lebih tinggi dibandingkan Hongkong yang duduk di urutan kedua yang mencatat kecepatan rata-rata 15,7 Mbps.

Akamai Technologies Inc. Daftar sepuluh negara dengan kecepatan rata-rata akses internet terkencang menurut laporan State of the Internet untuk kuartal-2 2014 dari Akamai Technologies Inc.


Jepang tergeser dari posisi kedua terkencang di kuartal sebelumnya menjadi urutan keempat dengan capaian rata-rata 14,9 Mbps. Secara umum, daftar 10 negara dengan internet terkencang dari Akamai masih didominasi oleh para "pelanggan" lama.

Di samping Korea Selatan, Hongkong, dan Jepang, negara-negara lain yang termasuk dalam daftar ini adalah Swiss, Belanda, Swedia, Latvia, Irlandia, Ceko, dan Romania.

Bagaimana dengan Indonesia? Kecepatan rata-rata akses internet di Tanah Air mengalami peningkatan sebesar 5,1 persen dari kuartal sebelumnya menjadi 2,5 Mbps. Angka ini masih di bawah kecepatan rata-rata akses internet dunia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com