Kemenparekraf Resmikan Pusat Kreatif Digital di Depok

Kompas.com - 03/10/2014, 13:42 WIB
Peresmian Pusat Kreatif Digital di Depok, Jumat (3/10/2014). Wicak Hidayat/KompasTeknoPeresmian Pusat Kreatif Digital di Depok, Jumat (3/10/2014).
|
EditorReza Wahyudi
DEPOK, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jumat (3/10/2014), telah meresmikan Pusat Kreatif Digital yang berlokasi di Jalan Margonda No 63, Depok, Jawa Barat.
 
Ini merupakan pusat kreatif yang kedua di Indonesia, setelah sebelumnya di Jl Barik Kumeli No 50, Sukaluyu, Bandung.

"Kami memilih Depok karena komunitasnya sudah terbukti besar dan di sini ada banyak perguruan tinggi yang diharapkan bisa mendapatkan manfaat," kata Lolly Amalia Abdullah, Direktur Kerjasama dan Fasilitasi, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan IPTEK, Kemenparekraf.

Menurut Lolly, saat ini Indonesia memiliki pertumbuhan di bidang digital yang tinggi. Pada 2013 saja sudah terdapat 297 juta pengguna mobile dan 73 juta pengguna internet.

"Tapi, masalahnya masih besar juga pengeluaran kita di situ. Artinya, kita masih menjadi masyarakat konsumtif," ujarnya.

Keberadaan Pusat Kreatif Digital, ujarnya, menjadi bagian dari ekosistem yang akan menumbuhkan masyarakat produktif.

Nantinya, Pusat Kreatif Digital ini juga akan memiliki inkubator bisnis. Fungsi inkubator bisnis itu adalah mendukung startup digital yang memiliki banyak permasalahan.

Lolly menjelaskan, program seperti Business Connect dan Base Camp dapat membantu mereka mengembangkan soft skill, yang sangat dibutuhkan untuk bertumbuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya punya contoh dua startup, keduanya kami hubungkan ke investor. Tapi hasilnya bisa berbeda karena soft skill-nya itu," ujar Lolly.

Salah satu startup itu, lanjutnya, bisa melakukan pertemuan lanjutan dengan investor itu dan melanjutkan kerjasama.

Sedangkan yang satu lagi? "Ia katanya tidak bisa bertemu karena waktu itu sedang sakit. Ketika saya tanya, apa sudah dihubungi lagi untuk memberitahu itu? Cuma senyum!" Lolly bercerita.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.