Bocor, Tampilan Android L di Galaxy S5

Kompas.com - 03/10/2014, 14:39 WIB
Galaxy S5 bisa tersamung ke jam tangan pintar Galaxy Fit untuk fungsi health monitoring lebih jauh oik yusuf/ kompas.comGalaxy S5 bisa tersamung ke jam tangan pintar Galaxy Fit untuk fungsi health monitoring lebih jauh
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google telah mengumumkan sistem operasi mobile Android terbarunya yang diberi nama "Android L" dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2014 di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (25/6/2014).

Walau sistem operasi tersebut masih dalam tahap awal pengembangan dan belum banyak fitur yang terdapat di dalamnya, namun pihak OEM (pabrikan pembuat perangkat) telah mendapatkan
source code Android L lebih dulu untuk disesuaikan dengan antarmuka perangkat masing-masing.

Situs SamMobile pada Rabu (2/10/2014) mendapatkan bocoran purwarupa perangkat Samsung Galaxy S5 yang telah dipasangi dengan Android L dai sumber dalam Samsung yang tidak mau disebut namanya.

Dalam Android L, Google telah merombak sistem operasinya itu dengan tampilan yang disebut dengan Material Design. Antarmuka tersebut dibuat agar memiliki kesan yang lebih natural saat disentuh.

Sayangnya, pihak OEM juga memasang versi antarmuka mereka sendiri, sperti Samsung dengan antarmuka TouchWiz-nya. Padahal, antarmuka tersebut dibangun berdasar desain lama (Holo Design).

Namun dalam Galaxy S5 yang menjalankan Android L, Samsung setidaknya membuat kemajuan dalam hal antarmukanya dengan menanggalkan nuansa biru yang selama ini menjadi ciri khasnya. Alih-alih, kini Samsung mengusung tema warna putih.

Sammobile
Tampilan Android L di Galaxy S5.

Walau mungkin akan kurang bersahabat karena layar AMOLED yang menampilkan warna putih akan memakan baterai lebih cepat, namun warna tersebut lebih enak dipandang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa aplikasi sistem bawaan Samsung, seperti Dialler, Messages, Memo, Clock, dan lainnya, kini dibangun berdasar panduan Material Design yang diberikan oleh Google. Tidak ada animasi in-app, sehingga animasi tombol yang mengambang tidak lagi akan dijumpai di sini.

Sementara di layar locksreen, saat perangkat dalam kondisi dikunci, antarmukanya tidak hanya menampilkan tanggal dan jam saja, melainkan juga menampilkan notifikasi yang masuk.

Pengguna bisa memilih apakah notifokasi tersebut mau ditampilkan atau tidak. mereka juga bisa memilih notifikasi dari aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan dan berapa jumlah maksimalnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.