Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Semua "Smartwatch" LG Pakai Android?

Kompas.com - 04/10/2014, 11:15 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com — LG merupakan salah satu produsen jam tangan pintar yang menggunakan platform Android Wear buatan Google. Namun, ternyata LG juga mengembangkan sistem operasi perangkat wearable device-nya sendiri, yaitu webOS.

Tampaknya, LG juga mengembangkan jam tangan pintar yang menjalankan webOS karena perusahaan TI Korea tersebut kini bersiap meluncurkan development kit untuk jam tangan pintarnya itu bagi para pengembang.

LG sempat mengunggah bocoran foto yang mengundang para developer untuk mencoba webOS di situsnya. Namun, menurut Trusted Reviews, Kamis (2/10/2014), foto tersebut kemudian diturunkan LG.

webOS dibeli oleh LG dari HP pada tahun 2013 lalu. Sistem operasi itu sebelumnya dipakai LG untuk lini televisi pintarnya. Bisa jadi, LG mencoba mengaplikasikan webOS ke produk smartwatch-nya untuk menghindari ketergantungan dari Google.

Langkah mengusung sistem operasi yang dikembangkan sendiri juga dilakukan Samsung dengan smartwatch Tizen-nya yang dipakai di gear 2.

Namun, LG belum membuat pengumuman resmi untuk membuat smartwatch dengan webOS, walau sistem operasi itu telah diimplementasikan di televisi LG sejak lama.

Saat ini, LG memiliki dua jenis Android Wear, yaitu G Watch model kotak dan G Watch R dengan model bundar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com