Kompas.com - 05/10/2014, 08:59 WIB
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com — Momen hari raya Idul Adha tak membuat para peretas (hacker) berhenti melakukan aksi buruknya. Kelompok peretas bernama "MadLeets" telah menjahili situs Google Indonesia, google.co.id. Kejadian ini dilaporkan pengunjung situs tersebut mulai Minggu (5/10/2014) dini hari.

Berita soal Google Indonesia telah diretas ini dengan cepat menyebar di media sosial dan membuat heboh pengguna internet Indonesia.

Laman Google Indonesia memang selama beberapa saat tampil tak seperti biasanya.

Halaman "putih" Google berubah menjadi berlatar belakang hitam dan diramaikan dengan tulisan klaim dari peretas, seperti "Security is just an illusion", "Struck by 1337", dan "Google Indonesia stamped by Team Madleets".

Ternyata bukan server Google yang berhasil ditembus peretas tersebut. Peretas diduga hanya melakukan "DNS Hijacked" dengan mengubah alamat DNS yang merujuk ke Google Indonesia ke situs "hitam" yang telah mereka buat sebelumnya.

DNS (domain name system) adalah sebuah sistem yang bertugas mengubah alamat IP menjadi nama yang lebih mudah diingat. Peretas berhasil mengakali sistem ini dengan mengalihkan alamat google.co.id ke situs yang mereka tentukan.

Dalam kasus ini, seperti dikutip dari sebuah diskusi di Kaskus, peretas mengalihkan DNS "google.co.id" di alamat IP "192.99.147.160" dialihkan ke "host b0x1.madleets.com" yang beralamat IP "167.114.12.10".

Menurut pantauan KompasTekno, "menghitamnya" situs Google Indonesia hanya menimpa pengguna yang menggunakan layanan Indosat, First Media, dan Telkom Speedy. Saat dicoba menggunakan provider internet lain, laman Google Indonesia tetap normal menampilkan halaman seperti biasa.

Belum ada pernyataan resmi dari Google Indonesia dan Telkom Speedy atas kejadian ini.

Update: PT Telkom Indonesia dan Google mengeluarkan pernyataan resmi terkait kasus ini, baca "Google Indonesia Sempat Bermasalah di Speedy, Ini Kata Telkom".

Baca juga: Google Indonesia Dibajak, Kok Cuma di ISP Tertentu?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.