Kompas.com - 06/10/2014, 10:05 WIB
Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) Aditya Panji/Kompas.comPengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi)
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) membuka pendaftaran nama domain apapun.ID di bawah 5 karakter, lebih dari 100 nama domain telah didaftarkan.

Demikian diungkapkan oleh Ketua PANDI Bidang Sosialisasi dan Komunikasi, Sigit Widodo, Senin (6/10/2014).

Pendaftaran ini dimulai sejak 9 September 2014 dan akan ditutup pada 10 Oktober 2014. “Kami membuka pendaftaran ini karena banyaknya permintaan dari masyarakat,” ungkap Sigit.

Menurut aturan pendaftaran nama domain apapun.ID yang disetujui oleh Forum Nama Domain Indonesia, nama domain yang bisa didaftarkan dengan bebas adalah yang terdiri dari 5-63 karakter.

Pendaftaran nama domain apapun.ID di bawah 5 karakter dapat dilakukan dengan izin khusus dari PANDI.

Hingga akhir September 2014, domain apapun.ID yang diluncurkan pada 17 Agustus 2014 telah terdaftar sebanyak 5.800 nama domain. “Sekitar setengahnya didaftarkan saat periode prioritas sebelum 17 Agustus,” ungkap Sigit.

Sigit mengungkapkan, seiring meningkatnya animo masyarakat pada penggunaan domain apapun.ID, muncul pula permintaan untuk dapat mendaftarkan nama domain di bawah 4 karakter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saat periode prioritas, kami memang membuka pendaftaran nama domain apapun.ID di bawah 5 karakter dengan persyaratan khusus,” ujarnya.

“Namun, sejak peluncuran domain apapun.ID, hanya domain 5-63 karakter yang bisa didaftarkan langsung melalui registrar-registrar PANDI,” tambah Sigit lagi.

Hingga 10 Oktober mendatang, pendaftaran domain apapun.ID di bawah 5 karakter dapat dilakukan secara online di http://domainterbatas.pandi.id.

“Sama seperti periode prioritas, jika ada nama domain yang sama didaftarkan lebih dari dua pihak, pemenangnya akan ditentukan melalui lelang,” jelas Sigit.

Seratus lebih “nama cantik” di bawah 5 karakter telah didaftarkan, seperti book.id, buku.id, buzz.id, jasa.id, nama.id, tech.id, atau time.id. Dari 100-an nama yang didaftarkan, sudah 85 nama domain yang memenuhi syarat hingga akhir pekan lalu.

Sigit berharap, masyarakat dapat memanfaatkan sisa waktu satu minggu ini untuk mendaftarkan nama domain apapun.ID di bawah 5 karakter. “Karena PANDI belum berencana membuka lagi pendaftaran nama domain apapun.ID di bawah 5 karakter setelah 10 Oktober,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.