Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewlett-Packard Bakal Dipecah Jadi 2 Perusahaan

Kompas.com - 06/10/2014, 12:00 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Hewlett-Packard (HP) merancang strategi baru dalam bersaing dengan perusahaan-perusahaan produsen gadget, seperti Apple dan Samsung, yaitu dengan memisahkan bisnis korporasi mereka dengan bisnis consumer.

Rencana tersebut menurut The Wall Street Journal (5/10/2014) akan diumumkan perusahaan pada minggu-minggu ini. Jika pembagian divisi tersebut berjalan sesuai rencana, HP akan memiliki dua perusahaan baru yang masing-masing memiliki pemasukan tahunan hingga 50 miliar dollar AS.

Divisi consumer nantinya akan bertanggungjawab dalam hal penjualan PC, printer, dan hardware lainnya termasuk gadget, sementara divisi enterprise akan menjual perangkat hardware untuk korporat, seperti server dan operasi layanannya.

Rencana tersebut sebenarnya sudah dikemukan sejak 2011 lalu, saat HP masih dipimpin oleh CEO Leo Apotheker. Saat itu, HP hendak memangkas divisi Personal System Group (PSG) yang bertanggungjawab terhadap PC, dan hanya fokus di segmen korporasi.

Namun, para pemegang saham saat itu tidak setuju dengan rencana tersebut. Apotheker kemudian digantikan oleh Meg Whitman yang memututskan tetap mempertahankan divisi PC.

Whitman kemudian melakukan reorganisasi di tubuh HP, dengan menggabungkan divisi PC yang memiliki profit kecil dengan divisi printer yang saat itu masih memiliki keuntungan tinggi.

Nampaknya, rencana lama itu akan kembali dilakukan oleh HP. Whitman sendiri akan menjadi Chairman Consumer HP dan CEO Enterprise HP. Direktur independen, Patricia Russo disebut-sebut akan menjadi Chairman Enterprise HP. Sementara Dion Weisler yang saat ini menjadi eksekutif di grup PC/Printer akan menjabat CEO baru perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com