Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rela Diintip, Syarat Pakai Windows 10

Kompas.com - 06/10/2014, 14:12 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Ilustrasi Windows 10

KOMPAS.com - Ingin mencoba Windows 10 Technical Preview? Sebaiknya perhatikan dulu bagian syarat dan ketentuan pemakaiannya karena sistem operasi versi beta tester itu dibekali serangkaian kemampuan untuk "menyadap" data.

Ragam informasi yang bisa diintip cukup luas sehingga mengundang perhatian.

"Contoh data yang kami kumpulkan termasuk nama, alamat e-mail, ketertarikan; data browsing, pencarian dan history file; panggilan telepon dan SMS; konfigurasi perangkat dan data sensor; dan penggunaan aplikasi," tulis Microsoft dalam ketentuan privasi Windows 10 Technical Preview yang dikutip oleh The Inquirer.

Informasi-informasi di atas masih termasuk "standar", tapi kemudian Microsoft menyebutkan bahwa Preview Windows 10 bisa turut "menyadap" informasi dalam bentuk suara untuk keperluan "speech processing".

Yang lebih dahsyat adalah pernyataan bahwa Preview Windows 10 akan memeriksa setiap file yang dibuka oleh pengguna berikut aplikasi yang dipakai untuk membukanya.

"Atau jika Anda mengetik, kami bisa mengambil tulisan yang diketik dan menggunakannya untuk keperluan seperti meningkatkan kualitas fitur autocomplete dan spellcheck," ungkap Microsoft mengenai kemampuan preview Windows 10 yang tak ubahnya software keylogger.

Microsoft sendiri sebenarnya menyarankan agar pengguna memasang Preview Windows 10 di komputer yang bukan dipakai untuk keperluan sehari-hari, kemungkinan untuk menghindari masalah privasi yang bisa timbul dari segala macam aktivitas "penyadapan itu".

Adapun Windows 10 Technical Preview hanya bisa diunduh setelah peminat mendaftarkan diri ke Windows Insider Program untuk menyatakan diri ikut serta dalam proses uji Windows 10.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com