Kompas.com - 06/10/2014, 14:12 WIB
Ilustrasi Windows 10 MicrosoftIlustrasi Windows 10
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi
Ilustrasi Windows 10

KOMPAS.com - Ingin mencoba Windows 10 Technical Preview? Sebaiknya perhatikan dulu bagian syarat dan ketentuan pemakaiannya karena sistem operasi versi beta tester itu dibekali serangkaian kemampuan untuk "menyadap" data.

Ragam informasi yang bisa diintip cukup luas sehingga mengundang perhatian.

"Contoh data yang kami kumpulkan termasuk nama, alamat e-mail, ketertarikan; data browsing, pencarian dan history file; panggilan telepon dan SMS; konfigurasi perangkat dan data sensor; dan penggunaan aplikasi," tulis Microsoft dalam ketentuan privasi Windows 10 Technical Preview yang dikutip oleh The Inquirer.

Informasi-informasi di atas masih termasuk "standar", tapi kemudian Microsoft menyebutkan bahwa Preview Windows 10 bisa turut "menyadap" informasi dalam bentuk suara untuk keperluan "speech processing".

Yang lebih dahsyat adalah pernyataan bahwa Preview Windows 10 akan memeriksa setiap file yang dibuka oleh pengguna berikut aplikasi yang dipakai untuk membukanya.

"Atau jika Anda mengetik, kami bisa mengambil tulisan yang diketik dan menggunakannya untuk keperluan seperti meningkatkan kualitas fitur autocomplete dan spellcheck," ungkap Microsoft mengenai kemampuan preview Windows 10 yang tak ubahnya software keylogger.

Microsoft sendiri sebenarnya menyarankan agar pengguna memasang Preview Windows 10 di komputer yang bukan dipakai untuk keperluan sehari-hari, kemungkinan untuk menghindari masalah privasi yang bisa timbul dari segala macam aktivitas "penyadapan itu".

Adapun Windows 10 Technical Preview hanya bisa diunduh setelah peminat mendaftarkan diri ke Windows Insider Program untuk menyatakan diri ikut serta dalam proses uji Windows 10.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.