Kompas.com - 08/10/2014, 13:31 WIB
Nokia Associated PressNokia
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Gara-gara persoalan sengketa pajak yang tak kunjung usai, Nokia mengumumkan bakal menutup pabrik ponselnya di Chennai, India, awal bulan depan.

Divisi perangkat Nokia sebenarnya telah beralih kepemilikan ke Microsoft pada April lalu, namun pabrik di India ini tak termasuk dalam "paket" akuisisi karena masih terlibat masalah pajak dengan pemerintah India.

Nokia disinyalir memiliki utang pajak ke pemerintah India yang belum dibayar. Jumlahnya tak diketahui, tapi diperkirakan bisa mencapai miliaran dollar AS.

"Microsoft telah memberitahu Nokia bahwa fasilitas produksi seperti tercantum dalam perjanjian akan ditutup pada 1 November," tulis Nokia dalam sebuah pernyataan yang dikutip KompasTekno dari Reuters, Rabu (8/10/2014).

"Selagi belum ada instruksi lebih lanjut dari Microsoft, Nokia akan menghentikan aktivitas produksi perangkat di fasilitas Sriperumbudur."

Pabrik Nokia di Chennai merupakan salah satu fasilitas produksi perangkat terbesar milik perusahaan tersebut. Penutupan pabrik yang  ini secara langsung juga berdampak pada para pegawai pabrik yang bersangkutan.

"Sebagai penyedia lapangan kerja yang bertanggungjawab, Nokia sedang meninjau langkah-langkah untuk meminimalisir dampak (penutupan pabrik) terhadap para pekerja," lanjut Nokia dalam pernyataannya.

April lalu, Nokia menawarkan skema pensiun sukarela bagi pegawai pabrik. Saat itu terdapat 6.600 karyawan full time yang bekerja di pabrik. Sebanyak 5.000 orang di antaranya kemudian dilaporkan menerima tawaran pensiun dini dari Nokia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.