Pendaftaran Domain Singkat Apapun.id Segera Ditutup

Kompas.com - 08/10/2014, 15:52 WIB
ilustrasi KompasTeknoilustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi yang berminat mendapatkan domain singkat, 2-4 karakter, dengan akhiran .id, sebaiknya segera melakukan pendaftaran. Sebentar lagi pendaftaran akan ditutup.

Sejak 9 September 2014, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) membuka kesempatan kepada publik untuk mendaftarkan nama domain apapun .id 2-4 karakter. Pendaftaran ini akan ditutup pada Jumat (10/10/2014) mendatang.

Apakah Pandi akan membuka pendaftaran serupa di masa mendatang?

Sigit Widodo, Ketua Pandi bidang sosialisasi dan komunikasi, kepada KompasTekno, Rabu (8/10/2014) mengatakan, Pandi belum berencana untuk membuka lagi pendaftaran domain singkat apapun.id 2-4 karakter di masa mendatang.

“Sebetulnya nama domain apapun.ID yang bisa didaftarkan terdiri dari 5-63 karakter. Domain di bawah 5 karakter bisa didaftarkan dengan izin khusus dari PANDI,” ujar Sigit.

Menurut Sigit, kesempatan ini dibuka karena banyaknya permintaan dari masyarakat setelah domain apapun.id dirilis pada 17 Agustus 2014 lalu.

“Di periode prioritas memang dibuka juga pendaftaran nama domain terbatas apapun.id 2-4 karakter. Karena banyak yang mengaku belum sempat mendaftar di periode prioritas, kami berikan lagi kesempatan selama satu bulan,” jelas dosen ilmu komunikasi ini.

Pendaftaran nama domain terbatas apapun.id 2-4 karakter tidak dilakukan melalui registrar, namun langsung melalui Pandi. Pendaftaran bisa dilakukan secara Online di http://domainterbatas.pandi.id.

Hingga saat ini, sekitar 200 nama domain terbatas sudah didaftarkan. Beberapa nama domain “cantik” yang didaftarkan, di antaranya: bike.id, book.id, buku.id, city.id, kaos.id, land.id, post.id, dan oil.id.

Pandi berharap, masyarakat bisa memanfaatkan sisa waktu dua hari yang tersisa untuk mendaftarkan nama domain yang diinginkan. “Karena kami belum tentu akan membuka lagi pendaftaran serupa,” pungkas Sigit.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X